Aktual, Independen dan Terpercaya


2018, Orang Miskin di Riau Bertambah Banyak, Bagaimana di Tahun 2019?

ILUSTRASI-MISKIN.jpg
(DILIPUTNEWS.COM)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau, Ahmad Hijazi menyebutkan bahwa telah terjadi peningkatan angka kemiskinan Riau untuk tahun 2018, jika dibandingkan dari tahun 2017 silam.

Padahal di tahun lalu, angka kemiskinan Riau berada pada 496.390 jiwa. Namun ditahun ini meningkat menjadi 500.400 jiwa.

"Untuk tahun 2018 angka kemiskinan Riau naik menjadi 500.400 jiwa. Naik dari tahun 2017 yang hanya berada di 496.390 jiwa," katanya, Selasa, 1 Januari 2019.

Meskipun angka kemiskinan Riau meningkat, Hijazi menilai bahwa angka kemiskinan Riau masih berada di bawah dari angka kemiskinan nasional.

"Walaupun memang ada kenaikan angka kemiskinan, tapi tingkat kemiskinan kita berada di bawah angka kemiskinan nasional. 7.36 persen jika dibandingkan dengan nasional yang berada di 10.15 persen,"tandasnya.

Sementara itu Perencana dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Riau, Rahmad Rahim membeberkan bahwa kenaikan ini terjadi karena Riau dijadikan tempat untuk mencari nafkah. Terutama bagi warga miskin yang berada di wilayah terdekat dari Riau.

"Yang menjadi penyebab utama itu karena adanya migrasi penduduk dari luar Provinsi. Mereka datang ke Riau. Dan yang datang itu adalah penduduk miskin," jelasnya.

Selain itu turunnya harga-harga sektor perkebunan seperti sawit, karet, sampai kelapa juga disebut mempengaruhi naiknya angka kemiskinan di Riau.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id