140 Armada Molin dan Torlin Siap Menjangkau Pelosok Indonesia

Menteri-PPPA-Yohana-Yembise-dan-mobil-Molin.jpg
(Azhar Saputra)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kasus kekerasan pada perempuan dan anak membutuhkan tindakan pencegahan secara nyata, efektif dan berkesinambungan.

Untuk itu, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) menyiapkan kendaraan yang dapat mendukung kerja mereka di daerah.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Pelindungan Anak (PPPA), Yohana Yembise mengatakan, mobil perlindungan perempuan dan anak diberi nama Molin, sedangkan dan motor perlindungan perempuan dan anak disebut Torlin.

"Kami menyiapkan Molin dan Torlin untuk daerah yang ada di Indonesia," sebutnya, Sabtu, 21 Desember 2018.

Tidak main-main, melalui program yang telah berjalan sejak tahun 2016 ini, akan disiapkan 140 unit kendaraan.

"Itu semua terdiri dari 70 mobil perlindungan perempuan dan anak (Molin) untuk 70 kabupaten dan kota. Kemudian motor perlindungan perempuan dan anak (Torlin) untuk 114 Kabupaten dan Kota di seluruh Indonesia," sebutnya, Jumat, 21 Desember 2018.

Ia menambahkan, fungsi penting lainnya dari kendaraan ini adalah untuk memfasilitasi korban kekerasan melalui pengaduan masyarakat, penjangkauan korban, mediasi sampai pendampingan korban.

Dimana kendaraan ini akan dititipan di unit pelaksana teknis tiap daerah perlindungan perempuan dan anak (UPTD PPA) yang ada.

Sehingga dapat mengoptimalisasi teknis penyediaan layanan perlindungan perempuan dan anak di daerah dengan cara sinergitas dengan program lainnya seperti Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Tindak Pidana Perdagangan Orang (GT PPTPPO), Rumah Sakit Rujukan, Rumah Perlindungan Trauma Center (RPTC) dan Rumah Perlindungan Sosial Anak (RPSA), serta Lembaga penyedia layanan lainnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id