Markas "Avengers" Berdiri di Merauke

Kawasan-monumen-kapsul-waktu-di-Merauke.jpg
(Dok Ditjen Cipta Karya PUPR)

RIAUONLINE, MERAUKE - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Monumen Kapsul Waktu di Merauke, Papua. Monumen ini sempat viral karena mirip dengan markas The Avengers.

Monumen Kapsul Waktu terletak di dekat Bandara Mopah Merauke, Papua. Dalam acara ini, Jokowi sekaligus berbicara mengenai Ekspedisi Kapsul Waktu.

"Tiga tahun yang lalu, setelah mengelilingi 34 provinsi sejauh 24.089 kilometer, Ekspedisi Kapsul waktu telah berhasil membawa Kapsul Waktu Impian Indonesia 2015-2085 dari ujung barat ke ujung timur Indonesia," ujar Jokowi dalam sambutannya, Jumat 16 November 2018.

Ekspedisi ini menyimpan impian anak-anak Indonesia di 34 provinsi yang disimpan dalam sebuah kapsul. Ada tujuh mimpi yang dituliskan anak-anak muda dalam kapsul waktu, yaitu:

1. SDM Indonesia kecerdasannya mengungguli bangsa-bangsa lain di dunia.
2. Masyarakat Indonesia menjunjung tinggi pluralisme, berbudaya, religius, dan menjunjung tinggi nilai-nilai etika.
3. Indonesia sebagai pusat pendidikan, teknologi, dan peradaban dunia.
4. Masyarakat dan aparatur pemerintah kita bebas dari perilaku korupsi.
5. Membangun infrastruktur yang merata di seluruh Indonesia.
6. Indonesia sebagai negara yang mandiri dan negara yang paling berpengaruh di Asia-Pasifik.
7. Indonesia sebagai barometer pertumbuhan ekonomi dunia.

Ketujuh impian itulah yang disimpan dalam Monumen Kapsul Waktu. Kapsul ini akan dibuka pada 2085.


"Tujuh mimpi anak-anak bangsa itu kita letakkan secara permanen di Monumen Kapsul Waktu Impian Indonesia di Merauke, di ujung timur Indonesia. Sehingga kelak di tahun 2085 dibuka oleh penerus kita," ujar Jokowi.

Jokowi menyebut Monumen Kapsul Waktu memiliki semangat yang sama dengan para Avengers. Para jagoan Marvel ini disebut memiliki keinginan besar melindungi orang yang lemah.

"Monumen ini memiliki jiwa dan semangat yang sama dengan para Avangers. Para Avengers bukan hanya punya mimpi besar, tapi melakukan tindakan yang besar untuk melindungi orang banyak, melindungi orang yang lemah," tuturnya.

Seperti diketahui, luas kawasan Monumen Kapsul Waktu adalah 2,5 ha, yang terdiri dari 1 ha area monumen dan 1,5 ha digunakan sebagai alun-alun.

Ide pembangunan monumen untuk menyimpan kapsul waktu ini berasal dari Jokowi pada HUT-70 Kemerdekaan Indonesia pada 2015 dan akan kembali dibuka pada 70 tahun mendatang.

Tulisan ini sudah tayang di Detiknews dengan judul "Jokowi Resmikan 'Markas Avengers' di Merauke"

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id