Bendera ISIS di Rumah Habib Rizieq, Wiranto: Itu Urusan Arab Saudi!

ILUSTRASI-ISIS.jpg
(CNN INDONESIA/REUTERS)

RIAUONLINE, JAKARTA - Menko Polhukam Wiranto enggan berkomentar banyak soal terpasangnya bendera yang dianggap warga setempat sebagai bendera ISIS di kediaman Habib Rizieq Syihab. Dia menyerahkan insiden itu kepada pemerintah Arab Saudi.

"Itu urusan Arab Saudi, saya nggak akan mengurusi negara lain, bagaimana proses di Arab Saudi sana, serahkan pemerintah Arab Saudi," kata Wiranto di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumatn9 November 2018.

Lebih lanjut, Wiranto juga enggan berandai-andai soal dugaan adanya operasi intelijen dalam insiden pemasangan bendera di kediaman Rizieq itu.

"Jangan katanya, saya nggak bahas katanya," singkat Wiranto.

Sebelumnya diberitakan, Kementerian Luar Negeri mengatakan Habib Rizieq diperiksa karena ada aduan mengenai pemasangan bendera yang dianggap warga setempat mirip dengan bendera ISIS. Pejabat Fungsi Kekonsuleran KJRI Jeddah telah memberi pendampingan kepada Habib Rizieq.

"Pada tanggal 5 November 2018, Kemlu menerima pengaduan dari sejumlah pihak mengenai penahanan seorang WNI atas nama Muhammad Rizieq Shihab (MRS) oleh aparat keamanan Arab Saudi di Mekah. Dari hasil penelusuran, diperoleh konfirmasi bahwa MRS sedang dimintai keterangan oleh aparat keamanan Arab Saudi di Mekah, atas dasar laporan warga negara Saudi yang melihat bendera yang diduga mirip dengan bendera ISIS terpasang di depan rumah MRS di Mekah," ujar jubir Kemlu Arrmanatha Nasir dalam keterangan tertulis, Rabu 7 November 2018


Di sisi lain, Jubir FPI Munarman curiga ada operasi intelijen dari Indonesia yang mengerjai Habib Rizieq di Saudi. Habib Rizieq menduga pemasang bendera ISIS yang membuatnya diperiksa Saudi adalah 'intelijen busuk dari Indonesia'.

"Beliau (Habib Rizieq, red) menyampaikan bahwa pihak yang diduga kuat sebagai pelaku adalah 'intelijen busuk dari Indonesia'," ujar Munarman. Munarman meragukan benda yang disebut sebagai bendera ISIS di foto yang viral. Menurutnya, bisa jadi bendera tidak pernah ada di kediaman Habib Rizieq. Ada kemungkinan itu editan.

Tulisan ini sudah tayang di Detiknews dengan judul "Wiranto soal 'Bendera ISIS' di Kediaman Habib Rizieq: Urusan Saudi"

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id