2 Orang Tewas dalam Kontak Tembak Satgas TNI-Polri dengan KKSB

ILUSTRASI-TEMBAK.jpg
(INTERNET)


RIAU ONLINE - Satgas Gabungan (Satgas) TNI-Polri kembali kontak tembak dengan Kelompok Kriminal Separatisme Bersenjata (KKSB) Pimpinan Okiman Wenda (POW), Sabtu, 3 November 2018 di Distrik Balingga, Kabupaten Lanny Jaya, Papua.

Kabar ini dikonfirmasi Kapendam XVII/Cenderawasi Kolenel Inf Muhammad Aidi. Kontak senjata merupakan buntut pembantaian KKSB terhadap tukang Ojek atas nama Yanwar (38 thn). Jenazah dibiarkan tergeletak di TKP.

Selanjutnya, TNI-Polri di bawah pimpinan Kapolres Lanny Jaya, AKBP Tonny Ananda Swadaya menuju lokasi untuk melaksanakan evakuasi.

"Kapolres yang langsung turun tangan memimpin pasukan TNI-Polri beserta masyarakat untuk melaksanakan evakuasi, " ujar Aidi, melansir Liputan6.com, jaringan RIAUONLINE.CO.ID, Minggu, 4 November 2018.

Menggunakan tiga unit kendaraan roda empat, tim evakuasi gabungan TNI-Polri bersama masyarakat bergerak menuju TKP. Namun saat proses evakuasi, tepatnya pukul 15.40 WIT, tim evakuasi mendapatkan serangan tembakan oleh KKSB.

"Mereka membantai rakyat yang tidak berdosa kemudian jenazahnya dijadikan umpan guna menjebak pasukan TNI-Polri," kata Aidi menambahkan

Kelompok pengaman TNI berjumlah 10 orang pimpinan Lettu Inf Zulmi yang sebelumnya telah siap di atas ketinggian segera bergerak mendekati lokasi KKSB. KKSB berhasil dipukul mundur dan secara terpencar mereka melarikan diri ke arah hutan.


Mereka menyerang dari arah ketinggian sehingga kontak tembak tidak bisa dihindari.

Sementara, jenazah korban, Yanwar berhasil dievakuasi dalam keaadan aman ke RSUD Tiom Kabupaten Lanny Jaya ole tim evakuasi pimpinan Kapolres.

Diduga, KKSB yang melakukan penyerangan berjumlah 50 orang lebih dengan persenjataan standar militer berbagai jenis.

"Saat dilaksanakan penyisiran ditemukan 2 orang anggota KKSB tewas di tempat dan berhasil di identifikasi bernama Gomes (Pengawal POW) dan Kulomabuk Wonda," Aidi menuturkan.

Selain itu ditemukan 2 pucuk senjata jenis SS 1 dan US Karabin serta sejumlah barang bukti. Ada pula ratusan butir munisi berbagai kaliber, 3 buah Handy Talky (HT), teropong, bendera bintang kejora.

Berita ini sudah tayang di Liputan6.com, dengan judul Satgas TNI-Polri Kontak Tembak dengan KKSB Di Papua, 2 Orang Tewas

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id