Cerita Sertu Hendra Temukan Black Box Lion Air di Tengah Putus Asa

Basarnas-cari-lion-air.jpg
(Suara.com)


RIAU ONLINE - Black box atau kotak hitam Lion Air JT 610 yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat akhirnya ditemukan, Kamis, 1 November 2018. Sertu Hendra Syahputra dari Kesatuan Taifib Korps Marinir adalah prajurit yang menemukan jejak rekaman penerbangan tersebut.

Derasnya arus bawah laut perairan Karawang sempat membuat Sertu Hendra berputus asa mencari kotak hitam pesawat yang jatuh pada Senin (29/10/2018) di Tanjung Karawang itu.

Hingga Sertu Hendra menemukan benda serupa black box atau kotak hitam yang diklaim sebagai bagian dari pesawat Lion Air JT 610 itu saat menyelam di kedalaman 35 meter, dengan koordinat S 05 48 48.051 - E 107 07 37.622 dan koordinat S 05 48 46.545 - E 107 07 38.

Baca Juga: Akhirnya, Black Box Lion Air JT 610 Ditemukan

"Begitu kami turun arusnya kencang. Kemudian dengan keterbatasan, kita menggunakan tali untuk tidak terbawa arus karena tali tersebut agak menghambat kami," kata Hendra melansir Suara.com, jaringan RIAUONLINE.CO.ID.

Bersama timnya, Hendra hanya berbekal alat yang bisa menangkap sinyal black box hingga kedalaman 35 meter ke dasar laut. Di area yang memancarkan sinyak black box, hanya sedikit didapati serpihan pesawat yang membuat Hendra dan penyelam lain ragu.

Namun, sinyak itu terus diikuti hingga mengarah pada endapan lumpur yang menutup sebagian kotak hitam di dasar laut.

Klik Juga: "Ping" Suara Blackbox Lion Air JT-610 Sudah Terdengar

"Kami sempat putus asa karena arus sangat kencang, tetapi kami percaya yakin dengan tekad dan hati yang iklas serta mengikuti alat yang kami bawa, kami kecilkan areanya lalu pada tempat yang alatnya menimbulkan bunyi sensitif kami gali lumpur tersebut dan mendapatkan black box," ungkapnya.

Artikel ini sudah tayang di Suara.com, dengan judul Temukan Black Box Lion Air JT 610, Sertu Hendra Sempat Putus Asa

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id