Pasukan Kopaska hingga Kapal Perang Cari Bangkai Lion Air

Serpihan-pesawat-lion-air.jpg
(ANTARA FOTO via Suara.com)


RIAU ONLINE - Tim elit personil TNI Angkatan Laut, Komando Pasukan Katak (Kopaska) dikerahkan untuk menyelam memeriksa bangkai pesawat Lion Air di perairan Karawang, Jawa Barat, Senin, 29 Oktober 2018. Proses evakuasi korban dan bangkai pesawat juga turut mengerahkan sejumlah kapal perang.

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut (Kadispenal) Kolonel Laut (P) M Zaenal mengatakan dua Sea Rider tim Kopaska sudah tiba dan tengah bersiap untuk menyelam dibantu Basarnas.

"KRI Sikuda-863, KRI Tenggiri-865 dan Kal Kobra-867 sudah berada di lokasi ditemukannya serpihan pesawat," tambahnya, melansir Suara.com, jaringan RIAUONLINE.CO.ID.

Baca Juga: Ditemukan Potongan Tubuh Korban di Lokasi Jatuhnya Lion Air JT 610

TNI AL juga mengerahkan KRI Rigel-933 yang memiliki kemampuan mendeteksi keberadaan benda dalam air, 10 tim survey Pushidrosal, KAL Sanca-815, 5 unit Sea Rider, Tim Penyelam, Denjaka, Taifib sebanyak 40 orang dari Komando Armada I, Lantamal III Jakarta, dan Marinir, Jakarta.

Sejumlah unsur kapal perang (KRI) dikerahkan untuk melaksanakan Search and Resque (SAR) jatuhnya pesawat terbang Lion Air JT 610 rute Jakarta-Pangkal Pinang di perairan Karawang, Jawa Barat yang sebelumnya mengalami "lost contact".

Pesawat tersebut membawa 189 penumpang yang diperkirakan jatuh di sekitar perairan Karawang. Proses evakuasi pencarian korban jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 di perairan Karawang, Jawa Barat masih terus dilakukan.

Klik Juga: Detik-Detik Jatuhnya Lion Air JT 610 di Tanjung Karawang

Sementara, Deputi Bidang Operasi dan Kesiapsiagaan Basarnas Nugroho Budi Wiryanto mengatakan cuaca di perairan Karawang cukup baik, hanya saja arus di perairan itu cukup deras. Selain itu, kata Nugroho, kondisi di lokasi evakuasi diselimuti mendung di sekitar perairan Karawang. Sehingga, arus di perairan itu menjadi cukup kencang.

Pada proses evakuasi, tim SAR dibantu oleh TNI dan Polri sedang melakukan penyisiran di atas permukaan perairan Karawang. Dari atas permukaan, petugas menemukan sejumlah barang milik para korban pesawat, yakni KTP, paspor, SIM, KTA, BPJS maupun buku tabungan.

Pesawat Lion Air JT610 take off dari Bandara Soekarno Hatta, Tangerang pada pukul 6.20 WIB. Bandara itu hilang kontak sekira pukul 6.33 WIB saat pesawat baru sekira 10 menit mengudara.

Berita ini sudah tayang di Suara.com, dengan judul Pasukan Elit Kopaska dan Kapal Perang Cari Bangkai Lion Air Jatuh

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id