Aktual, Independen dan Terpercaya


Siang ini, Gempa 5,6 SR Guncang Manado

Gempa-Bumi.jpg
Internet
Ilustrasi

RIAUONLINE, MANADO - Gempa bumi kembali mengguncang tanah Sulawesi, tepatnya di Manado, Sulawesi Utara (Sulut).

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa bumi di Sulawesi Utara berkekuatan 5,6 SR, namun tak berpotensi tsunami. Peristiwa ini terjadi pada Sabtu 13 Oktober 2018 siang tadi pukul 12:34 waktu setempat (11:34 WIB).

Pusat gempa berada di 38 km tenggara Bitung, pada kedalaman 97 Km.

"Guncangannya terjadi beberapa lama, orang-orang panik, dan lari ke luar," kata Eva Aruperes, seorang wartawan di Manado yang dikutip dari BBC Indonesia.

Menurut BMKG dalam di akun Twitter mereka, guncangan dirasakan di beberapa wilayah di Bitung, Tondano, Airmadidi, dan Manado. Belum jelas apakah ada kerusakan dan korban.

Di pusat perbelanjaan di Kota Manado, pengunjung berhamburan keluar. Olga Pangkey, saat berada di Multimart, Manado, menceritakan karyawan hingga pengunjung berhamburan keluar.

Di Kabupaten Minahasa, guncangan terasa kuat, kata Eva Aruperes yang sedang berada di rumah saudaranya, di sana.

"Terjadi kepanikan, karena rumah berguncang-guncang. Tapi rumah tempat saya tinggal untungnya rumah kayu, jadi walaupun panik, agak tenang juga," katanya pula.

Menurut Kepala Stasiun Geofisika Manado Irwan Slamet, hingga pukul 13.10 Wita (12;10 WIB), hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

"Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dengan kedalaman menengah akibat aktivitas zona subduksi lempeng Sangihe Timur menunjam ke arah Tenggara lempeng Laut Maluku," kata Kepala Stasiun Geofisika Manado Irwan Slamet.

"Kepada masyarakat di sekitar wilayah Kota Manado, Bitung, agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya," katanya.

Ini merupakan gempa terbaru sesudah gempa yang disusul tsunami yang menghantam Sulawesi Tengah, khususnya Palu dan Donggala, dua pekan lalu, yang menewaskan lebih dari 2.000 orang.

Sebelumnya, pada Kamis 11 Oktober 2018 juga terjadi gempa di Situbondo dan Sumenep yang menewaskan tiga orang.

Tulisan ini sudah tayang di BBC Indonesia dengan judul "Gempa di Manado, Sulawesi Utara, warga panik berhamburan ke jalanan"

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id