Aktual, Independen dan Terpercaya


Formasi CPNS yang Satu ini Sepi Peminat, Baru 52 Pelamar

ilustrasi-cpns2.jpg
(INTERNET)

RIAUONLINE, JAKARTA - Penutup pendaftaran seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun anggaran 2018 tinggal empat hari lagi. Dari formasi umum, tercatat sudah 4 juta orang lebih yang mendaftarkan diri.

Namun dari jutaan pelamar, ada juga formasi yang sepi peminat. Formasi yang jumlahnya termasuk terendah adalah diaspora. Tercatat, baru 52 orang yang mendaftar CPNS lewat jalur tersebut.

Diaspora merupakan formasi khusus yang dibuka pertama kali tahun 2018 ini.Bagi para pelamar diaspora untuk formasi jabatan peneliti dan dosen, diwajibkan memiliki jenjang pendidikan minimal S-2.

Sedangkan formasi lainnya seperti penyandang disabilitas, putra/putri Papua, dan tenaga honorer berhasil menjaring minat ribuat pendaftar.

"Pelamar formasi penyandang disabilitas mencapai 2.071 orang, putra/putri Papua 4.161 orang, lulusan terbaik (cumlaude) 17.590 orang, diaspora 52 orang, dan tenaga honorer kategori II (K-2) sebanyak 5.548 orang," demikian siaran pers BKN.

Meskipun sudah ada 4 juta orang pendaftar CPNS, belum semuanya menyelesaikan proses pendaftaran. Pihak BKN pun meminta agar peserta tidak melakukan penundaan sampai menit-menit terakhir karena dikhawatirkan akan tersandung kendala.

"Takutnya kalau tanggal 14-15 Oktober sistemnya sibuk karena banyak menangangi orang yang unggah-unggah dokumen dan sebagainya. Jadi, pastikan saja sekarang itu," ujar Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan dikutip dari Liputan6.com, Sabtu 13 Oktober 2018.

Selain diharapkan membaca syarat di instansi terkait dengan teliti, peserta diingatkan agar berhati-hati ketika memasukkan data mereka di SSCN. Sebab, data yang salah tak bisa diperbaiki lagi.

Tulisan ini sudah tayang di Liputan6.com dengan judul "Sepi Peminat, Pelamar CPNS 2018 Formasi Diaspora Baru 52 Orang"