Aktual, Independen dan Terpercaya


Perjalanan Ratna Sarumpaet ke Chile Ternyata Dibiayai Pemprov DKI

Gubernur-DKI-Jakarta-Anies-Baswedan.jpg
(Liputan6.com)

RIAUONLINE, JAKARTA - Ratna Sarumpaet ditangkap polisi saat berada di Bandara Soekarno-Hatta, untuk melakukan perjalanan ke Chile. Rupanya, rencana perjalanan ini dibiayai oleh Pemprov DKI.

Hal ini dibenarkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Ia bahkan menjelaskan, dana Pemprov DKI yang diberikan untuk Ratna Sarumpaet sudah disiapkan sejak Februari 2018.

Dana tersebut diberikan untuk membiayai perjalanan Ratna untuk berpartisipasi dalam acara "The 11th Women Playwrights International Conference 2018" di Santiago, Chile.

"Pengusulan dan permintaan itu dilakukan di bulan Februari dan diproses di bulan Februari, kemudian semuanya sudah dikerjakan lama," kata Anies usai menghadiri HUT TNI ke-73 di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat 5 Oktober 2018.

Menurut pertimbangan Pemprov DKI, Ratna berhak mendapatkan dana sponsor Pemprov, karena Ratna pernah menjadi Ketua Dewan Kesenian Jakarta (DKJ).

"Kami memberikan fasilitas dukungan itu karena yang bersangkutan (Ratna Sarumpaet), pada waktu itu juga pernah jadi Ketua Dewan Kesenian di DKI Jakarta. Jadi, ini proses biasa normal yang terjadi pada banyak seniman, banyak pekerja seni," jelas Anies.

Saat ini, ujar Anies, Pemprov DKI juga tengah membiayai seniman lain, yakni Frengky Raden yang tengah unjuk taji di Korea Selatan dalam bidang seni etnomusikologi.

"Itu kami biayai 100 persen," jelas Anies.

Karena itu, Anies meminta untuk tidak membuat polemik atas pembiayaan untuk Ratna Sarumpaet.

Tulisan ini sudah tayang di Liputan6.com dengan judul "Alasan Anies Baswedan Biayai Ratna Sarumpaet ke Chile"

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id