Aktual, Independen dan Terpercaya


Begini Penampakan Detik-detik Letusan Gunung Soputan dari Antariksa

Letusan-Gunung-Soputan.jpg

RIAUONLINE, PALU - Erupsi yang terjadi di Gunung Soputan masih berlangsung sejak Rabu 3 Oktober 2018 pagi. Letusan ini rupanya bisa terlihat dari angkasa luar oleh satelit cuaca Jepang, Himawari-8.

Dikutip dari Liputan6.com, Kamis 4 Oktober 2018, Graphics Interchange Format (GIF) yang dibuat dan dibagikan oleh ahli meteorologi Dakota Smith menunjukkan gumpalan abu vulkanik membumbung tinggi dengan cepat dari pucuk gunung, sebelum akhirnya tertutup oleh awan yang berarak.

Himawari-8 adalah satelit cuaca kedelapan yang dimiliki dan dioperasikan oleh Badan Meteorologi Jepang. Satelit ini mampu memantau bagian Bumi yang sama dan mengawasi hal-hal seperti kebakaran hutan, awan, dan bahkan erupsi gunung berapi.

Mengutip artikel yang ditulis oleh jurnalis sains Robin George Andrews pada Forbes, Kamis 4 Oktober 2018,, bahaya terbesar yang mengintai masyarakat sekitar untuk saat ini adalah hujan abu. Apabila partikel tersebut terhirup oleh manusia, maka dapat menyebabkan masalah pernafasan dan bahkan kardiovaskular yang serius.

Pihak berwenang pun telah mengeluarkan peringatan kepada warga yang masih berada di dekat Gunung Soputan agar mengenakan masker dan dilarang beraktivitas dalam radius 4 km dari gunung berapi tersebut, sebab gunung telah berstatus Siaga.

Tulisan ini sudah tayang di Liputan6.com dengan judul "Satelit Cuaca Jepang Rekam Detik-Detik Letusan Gunung Soputan dari Antariksa"

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id