Gunung Soputan di Sulut Muntahkan Abu Vulkanis Setinggi 4.000 Meter

Gunung-Meletus.jpg
(INTERNET)

RIAUONLINE, JAKARTA - Gunung Soputan yang terletak di Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara meletus pagi ini, Rabu 3 Oktober 2018 pukul 08.47 Wita.

Pos Pengamatan Gunung Soputan PVMBG melaporkan tinggi kolom abu vulkanik teramati sekitar 4.000 meter di atas puncak kawah atau 5.809 m di atas permukaan laut.

"Kolom abu dengan tekanan kuat teramati berwarna kelabu hingga coklat dengan intensitas tebal condong ke arah barat dan barat laut. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 39 mm dan durasi sekitar 6 menit," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulisnya.

Sutopo mengatakan, hujan abu vulkanik diperkirakan jatuh di daerah di barat-barat laut Gunung Soputan.

Saat ini Gunung Soputan berada pada Status Level III (Siaga) dengan rekomendasi, masyarakat agar tidak beraktivitas di seluruh area di dalam radius 4 km dari puncak Gunung Soputan dan di dalam area perluasan sektoral ke arah Barat-Baratdaya sejauh 6,5 km dari puncak yang merupakan daerah bukaan kawah untuk menghindari potensi ancaman guguran lava maupun awan panas.

Masyarakat di sekitar Gunung Soputan dianjurkan agar menyiapkan masker penutup hidung dan mulut, guna mengantisipasi potensi bahaya gangguan saluran pernapasan jika terjadi hujan abu.

* Gunung Anak Krakatau

AKTIVITAS vulkanis juga terjadi di Gunung Anak Krakatau. Pada Senin 1 Oktober 2018 kemarin, Anak Krakatau mengeluarkan letusan hingga 94 kali. Meski mengalami tremor terus-menerus, status gunung tersebut masih dalam kategori aman.

Kondisi kegempaan gunung yang berada di Selat Sunda tersebut masih tinggi. Hal itu ditunjukkan dengan tremor terus-menerus. Namun kondisi itu masih berada di level II atau waspada.

Dengan status level II, pihak berwenang masih melarang masyarakat ataupun wisatawan mendekat dengan jarak radius 2 km dari kawah. Sedangkan objek wisata di pantai Anyer-Carita masih dikatakan aman untuk dikunjungi.

Tulisan ini sudah tayang di Liputan6.com dengan judul "Gunung Soputan di Sulawesi Utara Meletus"

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id