Jembatan Termegah di Palu Ikut Roboh Diterjang Tsunami

Jembatan-Kuning-Palu.jpg
(SCTV)

RIAUONLINE, PALU - Indonesia kembali berduka atas tragedi gempa bumi disertai tsunami yang melanda Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) pada Jumat, 28 September 2018 kemarin.

Bencana alam ini meluluh-lantakkan bangunan. Bahkan, Jembatang Kuning Palu alias Jembatan Palu IV atau Jembatan Ponulele yang merupakan jembatan termegah pun roboh diterjang tsunami setinggi hampir 3 meter.

Pemukiman yang terletak di bawahnya juga hancur karena diterjang tsunami.

Jembatan lengkung yang satu ini merupakan jembatan lengkung pertama di Indonesia dan berlokasi di Kota Palu dengan panjang 250 meter. Sebagai ikon utama Kota Palu, jembatan ini membentang di atas Teluk Talise yang berada di Kelurahan Besusu dan Lere.

Video detik-detik tsunami Palu kini tengah viral di media sosial. Dari video yang diambil di Palu Grand Mall tersebut, tampak ombak tinggi menyapu daratan hingga menutupi atap-atap rumah.


Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menyebutkan bahwa pemukiman warga di sekitar pantai dipastikan hancur tersapu tsunami. Meski begitu, pihaknya belum dapat memastikan jumlah bangunan yang rusak akibat sapuan ombak.

Sebelumnya, Donggala dikabarkan diguncang gempa hingga berulang kali pada Jumat 28 September 2018. Mula-mula, pukul 14.00, gempa sebesar 6 SR mengguncang kota dengan kedalaman 10 km. Berturut-turut kemudian, gempa susulan terjadi dengan skala 5 SR, 5,3 SR, 6,1 SR, hingga 7,7 SR.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sempat mengeluarkan pernyataan bahwa gempa susulan terakhir berpotensi menimbulkan tsunami, meski status peringatan dini tersebut dinyatakan berakhir.

Namun demikian, tsunami ternyata tetap terjadi dengan ketinggian 1,5 meter hingga 3 meter. Hingga kini, jumlah korban jiwa belum dapat dipastikan.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id