Gempa Guncang Donggala, 1 Tewas Tertimpa Bangunan

Gempa-Bumi.jpg
(Internet)

RIAUONLINE, JAKARTA - Gempa bumi dengan magnitudo 6 mengguncang Donggala, Sulawesi Tengah pada Jumat 28 September 2018 siang. Akibat gempa, satu orang warga tewas dan 10 orang lainnya mengalami luka-luka.

"Berdasarkan data sementara dari BPBD [Badan Penanggulangan Bencana Daerah] Kabupaten Donggala tercatat 1 orang meninggal dunia, 10 orang luka-luka, dan puluhan rumah rusak. Korban [tewas akibat] tertimpa oleh bangunan yang roboh," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho.

Menurutnya, evakuasi warga serta pendataan dan penanganan darurat masih dilakukan oleh petugas.

"Sebagian masyarakat masih berada di luar rumah. Mereka berada di tempat aman. Gempa susulan masih sering berlangsung," ucap Sutopo.

Ia juga menyebut bahwa kekuatan gempa mula di Donggala sudah dimutakhirkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), dari yang semula magnitudonya 5,9 menjadi magnitudo 6.


"BMKG telah memutakhirkan kejadian gempa yang semula M5,9 menjadi M6 dengan pusat gempa 2 km arah utara Kota Donggala pada kedalaman 10 km pada Jumat, 28 September 2018, pukul 14.00.00 WIB. Sumber gempa berasal dari sesar Palu Koro," tutur Sutopo.

Sutopo juga menyebut gempa dirasakan di wilayah Kabupaten Donggala, Kota Palu, dan Parigi Moutong. Secara umum, gempa dirasakan berintensitas sedang selama 2-10 detik.

"Gempa dirasakan sangat keras terjadi di Kecamatan Sirenja Kabupaten Donggala karena dekat dengan pusat gempa. Beberapa rumah roboh dan rusak akibat gempa. Masyarakat panik dan berhamburan keluar rumah," tuturnya.

Tulisan ini sudah tayang di CNN Indonesia dengan judul "BNPB: 1 Orang Tewas Tertimpa Bangunan Akibat Gempa Donggala"

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id