Aktual, Independen dan Terpercaya


Kemenkumham Buka 878 Lowongan CPNS untuk Lulusan SMA

ilustrasi-PNS-Kemenkumham.jpg

RIAUONLINE, JAKARTA - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia menyediakan 2.000 formasi untuk CPNS. Dari jumlah tersebut, 878 lowongan dibuka bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA)

"Jabatan penjaga tahanan. Kualifikasi pendidikan SLTA Sederajat. Formasi 878," dalam lembar pengumuman Kemenkumham yang dikutip dari Tempo.co, Kamis 20 September 2018.

Jumlah 878 formasi tersebut, terbagi dari 211 wanita, 633 pria, 8 putra putri Papua wanita, dan 26 putra putri Papua pria.

Ketika diterima, PNS akan ditempatkan di lembaga pemasyarakatan atau lapas, rumah tahanan atau rutan, dan rumah detensi imigrasi atau rudenim.

"Pelamar merupakan lulusan SLTA sederajat yang terdaftar di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan/atau terdaftar di Kementerian Agama," kutip dalam pengumuman.

Adapun nilai minimal pada ljazah rata- rata 7,0 (tujuh koma nol) atau 70 (tujuh puluh) atau 3 (tiga) skala 1 sampai 4 atau B. Khusus untuk pelamar dengan kategori Putra/Putri Papua dan Papua Barat dengan nilai minimal pada ljazah rata-rata 6,0 (enam koma nol) atau 60 (enam puluh) atau 2 (dua) skala 1 sampai 4 atau C.

Badan Kepegawaian Negara memperkirakan jumlah pengakses portal pendaftaran CPNS 2018, https://sscn.bkn.go.id pada masa pendaftaran yang akan dimulai pada Kamis 19 September mendatang, bakal mencapai 5-6 juta.

Pihak BKN menyatakan portal sscn.bkn.go.id akan diaktifkan setelah semua Kementerian/Lembaga/Daerah (K/L/D) memasukkan formasi dan persyaratan pelamaran. Proses tersebut diperkirakan akan memakan waktu sampai dengan 18 September 2018.

Dalam pernyataan resminya beberapa hari lalu, Kepala BKN Bima Haria Wibisana selaku Ketua Panitia Pelaksana Seleksi Nasional CPNS mengatakan sistem pendaftaran dan seleksi CPNS 2018 akan dilakukan secara terintegrasi melalui portal nasional via http://sscn.bkn.go.id.

Total formasi yang tersedia untuk diperebutkan oleh pelamar CPNS berjumlah 238.015 yang terdiri dari 51.271 Instansi Pusat (76 Kementerian/lembaga) dan 186.744 (525 Instansi Daerah).

Tulisan ini sudah tayang di Temmpo.co dengan judul "Kemenkumham Sediakan 878 Formasi CPNS 2018 Lulusan SMA"

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id