Aktual, Independen dan Terpercaya


Jokowi Diam-diam Bangun Markas Avangers, Begini Penampakannya...

Sidang-tahunan-MPR-2018.jpg
(CNN Indonesia)

 

RIAU ONLINE - Presiden Joko Widodo menghebohkan dunia melalui sambutannya dalam ajang World Ekonomi Forum on ASEAN di Hanoi, Vietnam pada pekan ini. Jokowi menganalogikan perang dagang yang terjadi di dunia seperti kisah film Avengers: Infinity War.

Dia menyoroti adanya sosok 'Thanos' yang mengancam akan memusnahkan setengah populasi di bumi. Ia pun berkelakar bahwa dirinya dan sesama rekan 'Avangers' lainnya siap mencegah hal tersebut terjadi.

Pertanyaannya, dari mana Jokowi memiliki ide menganalogikan film tersebut seperti kondisi ekonomi global saat ini? Apakah Avangers salah satu film yang disukainya? Atau, memang apa yang dianalogikan Jokowi benar tercermin dalam film tersebut? Hal tersebut, hingga saat ini masih jadi misteri.

Namun, saat ini Jokowi tengah menugaskan jajarannya menggarap sebuah bangunan di Indonesia yang didesain mirip logo Avangers. Bangunan itu berada di ujung bagian timur Indonesia.

Bangunan itu merupakan Monumen Kapsul Waktu di Merauke Papua. Kawasan itu, merupakan tempat penyimpanan kapsul yang berisi ratusan harapan masyarakat Indonesia yang akan dibuka 70 tahun mendatang. Kawasan itu pun ditargetkan dapat selesai akhir tahun ini.

Entah kebetulan atau memang sudah direncanakan, sekilas desain monumen ini jika difoto dari atas, sangat mirip logo Avengers. Yang berbentuk inisial A di dalam lingkaran dan memiliki garis yang tegas.

Monumen Kapsul Waktu di Merauke Papua (VIVA.co.id/Instagram Kementerian Pekerjaan Umum)

Seperti dilansir dari VIVA.co.id, akun resmi instagram Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), Kamis 13 September 2018 memperlihatkan desain arsitektur proyek yang digarap PT Nindya Karya Wilayah V, di bawah pengawasan Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR ini, dibuat oleh arsitek kenamaan Indonesia, Yori Antar. Angka 17, 8, dan 45 dipilih menjadi angka-angka kunci ukuran monumen.

Monumen ini memiliki lebar 17 meter, dengan tinggi delapan meter dan panjang 45 meter. Arsitektur monumen juga mengadopsi unsur budaya Papua.

Kapsul Waktu, nantinya akan ditempatkan di atas bangunan tugu yang terinspirasi dari menara perang Suku Dani, dengan lima akses masuk bangunan yang merepresentasikan lima suku asli Merauke, yaitu Malind, Muyu, Mandobo, Mappi, dan Auyu sebagai penjaga tugu kapsul waktu.

Kapsul waktu ini berisi 238 impian anak Indonesia yang diambil dari 34 provinsi. Impian tersebut dikumpulkan pada peringatan Hari Kemerdekaan RI 17 Agustus 2015, dan ditandai dengan tulisan Jokowi yang berisi impian dan mimpinya untuk Indonesia 70 mendatang.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id