Aktual, Independen dan Terpercaya


Situs Kpk-online.com Diblokir Kemkominfo

Menteri-Rudiantara.jpg
(SUARA.COM)

RIAU ONLINE - Kementerian Komunikasi dan Informatika memblokir situs kpk-oline.com karena mengatasnamakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) serta berisi informasi yang menyudutkan pihak tertentu.

"Benar sudah dalam proses pemblokiran," tutur Plt. Kepala Biro Humas Kemkominfo RI Ferdinandus Setu melalui pesan singkat di Jakarta, Sabtu 8 September 2018.

Suara.com mencoba mengakses situs tersebut pada Minggu 9 September 2018 dan memang sudah tak bisa diakses lagi.

"Maaf, situs yang Anda buka tidak dapat diakses karena masuk dalam blacklist Kementerian Komunikasi dan Informatika," bunyi keterangan ketika kpk-online.diakses.

Ferdinandus menuturkan Kominfo mendapat laporan mengenai situs tersebut pada Sabtu pukul 12.00 WIB. Selanjutnya Tim Subdit Pengendalian Konten Internet yang mengelola mesin pengais (crawling) konten negatif bergerak memverifikasi konten-konten pada situs tersebut.

"Informasi yang disampaikan dalam website tersebut menyerang individu atau tokoh tertentu dan KPK sudah mengklarifikasi tidak ada kaitan apa-apa," tutur Ferdinandus.

Ia pun mengatakan sebuah foto karangan bunga dari Menkominfo yang memberikan selamat atas peluncuran PKTV dan situs kpk-online.com yang beredar di media sosial merupakan berita bohong.

Kemkominfo pun menegaskan tidak pernah menyampaikan pernyataan apa pun terkait peluncuran PKTV dan situs tersebut.

Demikian juga KPK menampik pernah diwawancarai pihak yang mengaku sebagai pengelola situs yang kini tidak dapat diakses tersebut.

KPK mengimbau kepada pejabat atau penyelenggara negara untuk segera melapor apabila terdapat pihak mengaku dari KPK dan menyampaikan janji untuk mengurus perkara dengan meminta sejumlah imbalan atau fasilitas.