Heboh, Lubang Misterius Muncul di Sukabumi

Lubang-misterius-di-Sukabumi.jpg
(Suara.com)

RIAUONLINE, SUKABUMI - Lubang misterius berdiameter cukup besar muncul di area persawahan milik warga di Kampung Cipetir Legoknyenang, Desa Sukamaju, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Pemilik sawah Cece Sudirman (60) mengatakan, lubang misterius tersebut pertama kali terbentuk saat dirinya mendengar suara gemuruh dari sawah dekat rumahnya pada Kamis 6 September 2018 siang.

"Awalnya saya mau salat Dzuhur, terus saya dengar gemuruh dari sawah. Saya lihat, sudah ada lubang misterius di tengah sawah saya," kata Cece seperti dikutip dari Suara.com, Sabtu 8 September 2018.

Cece menambahkan, awalnya lubang misterius tersebut hanya berdimater sekitar 3 meter. Namun, perlahan lubang misterius itu terus membesar hingga saat ini mencapai 6 meter dengan kedalaman 10 meter.

"Saya khawatir lubang misterius semakin meluas dan merembet ke pemukiman warga," tambahnya.

Akibat dari lubang misterius itu, Cece mengalami kerugian karena lahannya itu baru saja ditanami dengan padi.

Ia pun berharap agar pihak terkait segera melakukan pemeriksaan dan penanganan terkait munculnya lubang misterius tersebut.


"Kalau dilanjutkan khawatir ada kejadian lagi. Saya harap cepat ada penanganan dari pihak terkait," ungkap Cece.

Sementara, Kapolres Sukabumi Kota AKBP Susatyo Purnomo mengimbau agar tidak berfikir jauh terkait fenomena ini. Dari pemeriksaan sementara, lubang misterius itu terbentuk karena ada saluran air di bawah sawah.

"Gejala alam biasa. Di bawah ada saluran air dari pegunungan mengalir ke Sungai Cigalunggung, jadi tanahnya labil dan amblas," ujar Susatyo.

Pihaknya pun telah berkoodinasi dengan pemerintah daerah setempat dan dinas terkait untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut terkait struktur tanah serta melakukan pengamanan di sekitar lubang misterius tersebut.

"Kita amankan dulu lubang misterius ini, takutnya ada anak-anak atau orang yang mendekat dan amblas lagi. Pihak terkait melakukan pengecekan struktur, mineral dan lainnya bersama ESDM," tutupnya.

Tulisan ini sudah tayang sebelumnya di Suara.com dengan judul "Ukuran Lubang Misterius di Sukabumi Buat Panik Warga"

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id