Bocah SD di Bantaeng Menikah dengan Gadis SMK

Ilustrasi-pernikahan.jpg
(internet)

RIAUONLINE,JAKARTA - Pernikahan dini kembali lagi terjadi di Indonesia. Kali ini, pernikahan anak di bawah umur antara Reski (13) dan Mia (17) berlangsung di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Seperti dikutip dari Okezone.com, Sabtu 1 September 2018, pasangan belia ini telah melangsungkan akad nikah di kediaman mempelai wanita, di Loka, Desa Bonto Marannu, Kecamatan Uluere, Bantaeng pada Kamis 30 Agustus 2018 malam.

Foto-foto pernikahan keduanya pun telah beredar luas di media sosial. Informasi ini dibenarkan oleh salah seorang tetangga mempelai laki-laki warga Bantaeng yang tak ingin diberitakan.

Tetangga ini menyebutkan bahwa mempelai laki-laki adalah warga Lannying, Desa Bonto Lojong, Kecamatan Uluere, Bantaeng, baru saja lulus dari Sekolah Dasar (SD) dan tahun ini sudah lulus.

Sementara sang mempelai wanita adalah warga Loka, Desa Bonto Marannu, Kecamatan Uluere, Bantaeng dan masih duduk dibangku SMK kelas 2. Letak desa keduanya masih bersebelahan, hanya berjarak sekitar 2 KM dari rumah antara mempelai pria dan wanita.

"Pernikahan keduanya tadi malam pak. Reski ini masih muda sekali, karena baru lulus dari SD," kata dia saat dihubungi Okezone sesaat yang lalu.

Sementara itu, Humas Kemenag Bantaeng, Mahdi kepada wartawan membenarkan perihal adanya informasi pernikahan kedua anak tersebut.


Namun, kata Mahdi pihaknya masih menelusuri lebih lanjut informasi itu. Apalagi, belum diketahui pasti apakah mempelai pria telah mengantongi izin atau tidak dari pengadilan agama.

Jika merujuk pada UU Nomor 1 tahun 1974 tentang perkawinan, diatur pada Pasal 7 Ayat (1) bahwa perkawinan hanya diizinkan jika mempelai laki-laki sudah mencapai umur 19 tahun dan pihak wanita sudah mencapai umur 16 tahun.

"Karena tidak ada laporan yang masuk ke kami. Ini baru saya dapat informasinya. Memang benar baru saja ada pernikahan anak," kata Mahdi membenarkan.

Pernikahan pasangan belia ini dilaksanakan dengan pesta adat selayaknya pernikahan pada umumnya yang ada di Sulsel. Sejumlah foto keduanya yang telah beredar memperlihatkan bahwa usia mereka yang masih sangat muda untuk menikah.

Berita ini sudah tayang di Okezone.com dengan judul "Baru Lulus, Bocah SD Dinikahi Siswi SMK di Bantaeng Sulsel"

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id