Jokowi-Maaruf dan Prabowo-Sadiaga Lolos Tes Kesehatan

Ilustrasi-dokter.jpg
(internet)

RIAUONLINE, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menerima hasil pemeriksaan kesehatan bakal calon presiden dan wakil presiden untuk pemilihan umum 2019.

Kedua pasangan calon, yakni Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Salahudin Uno dinyatakan oleh tim dokter yang memeriksa lolos uji kesehatan.

Ini disampaikan oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Arief Budiman dalam konferensi pers yang berlangsung di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat seperti dikutip dari CNN Indonesia, Rabu 15 Agustus 2018.

"Hasil pemeriksaan kesehatan atas nama Tuan Joko Widodo. Pada bakal calon presiden Tuan Joko Widodo tidak ditemukan ketidakmampuan dalam bidang rohani dan jasmani untuk melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai presiden," kata Arief.

Senada, Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Ilham Oetama Marsis mengatakan ada penyakit yang diidap oleh pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Pilpres 2019. Namun penyakit itu masih dalam batas toleransi.


Dengan kata lain, Ilham mengatakan dalam lima tahun ke depan calon tersebut mampu mengemban tanggung jawab baik secara fisik maupun kejiwaan.

"Kira-kira begitu (ada yang mengidap penyakit/tidak 100 persen sehat). Misalnya kalau kita menemui penyakit tertentu tapi dalam satu grade yang ringan kemudian bisa dikoreksi, tentu berarti yang bersangkutan memenuhi syarat. Artinya mampu secara fisik mandiri dapat melaksanakan tugas selama lima tahun," kata Ilham usai penyerahan berkas hasil pemeriksaan kesehatan di kantor KPU.

Ilham tidak memberitahukan siapa pasangan calon yang mengidap penyakit dan apa yang diidapnya. Dia berkata rekam medis bersifat rahasia.

"Tetapi kami memberikan info ke ketua KPU, kalau ketua KPU mau menjabarkan, ya itu kami enggak bertanggung jawab lagi. Itu tanggungjawab ketua KPU," ujarnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id