Maruf Amin Cawapres Jokowi di Pilpres 2019

Presiden-Jokowi-Kunjungi-Pameran.jpg
(SUARA.COM)

RIAUONLINE - Siapa pendamping Joko Widodo pada Pemilihan Presiden 2019 akhirnya tersiar. Disampaikan langsung Presiden RI Joko Widodo, adapun sosok yang menjadi calon wakil adalah KH Maruf Amin, sebagaimana disiarkan RCTI, Kamis, 9 Agustus 2019.

"KH Maruf Amin," kata Jokowi.

Pada pengumuman itu, turut hadir Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri. Jokowi menyebutkan sejumlah pengalaman Maaruf Amin sebagai alasan menetapkannya sebagai Wapres. Ketua Majelis Ulama Indonesia dan pernah menjadi anggota legislatif.

Pengumuman ini menguatkan cuitan Sekjen PKB Abdul Kadir Karding melalui akun twitternya, sebagaimana dikutip dari Suara.com.

"Rapat antara pak @jokowi dan ketum-ketum, sekjen partai pendukung memutuskan Prof Dr Kh Ma’ruf amin sebaga calon wapres Pak Jokowi," kata Karding dalam akun Twitternya, @Kadir_Karding.

Sebelumnya kuat dugaan cawapres Jokowi adalah Mahfud MD. Mahfud MD pun sudah mengakui Jokowi sudah memilihnya.

Kepastian itu dikatakan langsung oleh Mahfud MD sesaat sebelum menuju pertemuan partai koalisi Jokowi di Restoran Plataran, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (9/8/2018) sore.

"Ini pergulatan politik yang panjang dan kritis. Akhirnya keputusannya mudah dan smooth, akhirnya jatuh ke saya," kata Mahfud MD.

Mahfud MD mengatakan, sebelum diputuskan menjadi cawapres Jokowi, dirinya sudah melakukan pertemuan dengan Jokowi. Namun tidak bicara soal Pilpres 2019.

"Saya sering diajak diskusi, tapi tidak pernah bicarakan soal Pilpres," kata Mahfud MD.