Aktual, Independen dan Terpercaya


Ustad Abdul Somad Bersedia Jadi Cawapres Prabowo, Ada Syaratnya?

Ustad-Somad.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)


RIAU ONLINE - Juru Bicara Persaudaraan Alumni (PA) 212, Novel Bamukmin mengungkap bahwa Ustad Abdul Somad (UAS) bersedia mendampingi Prabowo Subianto sebagai calon wakil presiden (cawapres). Namun, dengan syarat jika amanah itu diberikan oleh masyarakat.

Novel mengatakan, petinggi PA 212 telah melakukan pertemuan dengan UAS di Palembang. Saat itu, Somad memang tidak menyatakan sikap untuk menolak atau menerima.

"Ustaz Abdul Somad memang tidak mengaku tidak siap menerima langsung juga tidak siap untuk tidak menerima. Dan memang beginilah akhlak ulama menerima tidak, menolak juga enggak," kata wakil ketua Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) saat deklarasi Ustaz Abdul Somad sebagai cawapres Prabowo Subianto di kawasan Utan Kayu, Jakarta Timur, seperti dilansir dari Merdeka.com, Rabu, 8 Agustus 2018.

Namun menurutnya, diamnya UAS menjadi pertanda bagi koalisi keumatan alias Gerindra, PKS dan PAN untuk mengambil sikap. Sebab, kata dia, UAS akan bersedia jika dideklarasikan langsung oleh partai.

"Artinya Ustaz Abdul Somad insya Allah bersedia asalkan kalau sudah dideklarasikan partai-partai koalisi umat langsung menempatkan dideklarasikan Ustaz Abdul Somad bersedia," kata Novel.

Sementara itu, Ketua Dewan Pembina ACTA Habiburokhman menuturkan, pihaknya bertugas untuk mengkomunikasikan hal ini dengan partai-partai koalisi oposisi. Hal itu agar tidak terjadi miskomunikasi dimana Somad tak mau maju dan Gerindra seolah-olah tak mau menerima. Habib menilai, Somad bukan menolak, melainkan memberikan contoh bahwa dirinya tak haus jabatan.

"Faktanya kedua belah pihak akan bersedia jika diberi amanat untuk memperbaiki kebangsaan. Karena dua orang ini punya karakter yang sama tidak mau mengojok-ojokan diri," klaim Ketua Bidang Advokasi DPP Gerindra itu.