Seleksi CPNS 2018 Batal Diumumkan Bulan ini, Jadi Kapan?

ilustrasi-cpns2.jpg
(INTERNET)

RIAUONLINE, JAKARTA - Masyarakat yang tengah menantikan pengumuman seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 harus menelan kekecewaan. Lantaran, pengumuman ini batal dilakukan pada Juli 2018.

Ini artinya penerimaan CPNS 2018 mengalami molor waktu dari wacana yang sebelumnya beredar.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik (HKIP) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), Mudzakir mengatakan, ada beberapa alasan mengapa hingga saat ini pihaknya belum juga mengumumkan formasi CPNS 2018.

Alasan pertama dan utama adalah masih dilakukan validasi data dengan Kementerian dan Lembaga terkait termasuk Pemerintah Daerah.

"Masih diperlukan konsolidasi dengan Kementerian Lembaga atas validasi yang dilakukan," ujarnya seperti dikutip dari Okezone, Selasa 31 Juli 2018.

Menurut Mudzakir, dalam proses validasi semuanya harus dilakukan dengan teliti. Sehingga diharapkan penerapan formasi di seleksi CPNS 2018 bisa lebih akurat.


"Demi ketepatan yang tinggi dalam penetapan formasi kami konsolidasi secara lebih akurat berbagai hal seperti analisis jabatan dan beban kerja, peta jabatan, rasio alokasi anggaran belanja dan keuangan negara," jelasnya.

Menurut Mudzakir, konsolidasi juga termasuk komunikasi dengan pihak Kementerian Keuangan. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan berapa jumlah anggaran yang dibutuhkan dan yang disediakan oleh pemerintah.

"Semua hal terkait kami konsolidasikan termasuk keuangan," ucapnya.

Mengenai validasi formasi, Mudzakir menyebut jika saat ini sudah sampai kepada proses akhir atau dalam tahap finalisasi. Setelah rampung, barulah formasi tersebut bisa diumumkan oleh Kemenpan-RB kepada publik.

"Itu terkait substansi formasi, yang nanti akan diumumkan. Intinya (validasi formasi) sudah proses final tapi dikonsolidasikan lagi," jelasnya.

Jadi, kapan pengumuman seleksi CPNS 2018 akan dilakukan? Kita tunggu saja...

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id