Aktual, Independen dan Terpercaya


Jenazah Pendaki Rinjani Dievakuasi Pakai Helikopter

Evakuasi-jenasah-dari-G-Rinjani.jpg
(Detikcom)

RIAUONLINE, JAKARTA - Tim gabungan akhirnya berhasil mengevakuasi jenazah pendaki dari Makassar, bernama Mochammad Ainul Taksim, yang meninggal di Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Jenazah dievakuasi menggunakan helikopter pada Selasa 31 Juli 2018 siang, sekitar pukul 11:25 Wita.

Dikutip dari Detikcom, jenazah tiba di lapangan samping kantor Kecamatan Sembalun, Lombok Timur, NTB dibungkus kantong hitam.

Baca: 543 Pendaki Gunung Rinjani Berhasil Dievakuasi

Setelah itu, personel TNI membawa jenazah tersebut dengan tandu ke ambulans. Jenazah selanjutnya akan dibawa ke RS Soedjono, Selong, Lombok Timur.

Direktur Operasi Basarnas Brigjen TNI Marinir Bambang Suryo, setelah berhasil dievakuasi, jasad korban gempa tersebut langsung dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Selong, Lombok Timur.

"Jenazah kami bawa ke RS dulu untuk identifikasi dan cek, baru setelah itu kami beritahu pihak keluarga. Kemudian dibawa ke Makassar," ujar Bambang di RS Lapangan Korban Gempa, Sembalun seperti dikutip dari CNN Indonesia.

Evakuasi jenazah tersebut, kata Bambang, semula sempat direncanakan lewat jalur darat dilakukan hari ini. Namun, kemudian diputuskan untuk lewat udara setelah melihat cuaca pagi tadi.

"Kami minta benar-benar lihat cuaca. Tapi ternyata pilot helikopter menyatakan bahwa cuaca hari ini ternyata masih bisa, maka segera terbang mereka pukul 11.03 WITA," jelasnya.

Sebelumnya, tiga pendaki yang merupakan staf LKPP dievakuasi menggunakan helikopter. Mereka berada dalam kondisi selamat. Begitu juga dengan dua porter dan satu guide, dievakuasi oleh petugas.

Ketiga orang itu, kata Bambang, akan dievakuasi melalui jalur darat karena cuaca di Pegunungan Rinjani yang kembali mendung.

"Kami perkirakan semua sudah turun pukul 17.00 WITA, termasuk personel kami," jelas Direktur Operasi Basarnas Brigjen TNI Marinir Bambang Suryo.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id