Dapat Bebas Bersyarat, Ahok Enggan Keluar Sel. Ada Apa?

Ahok-dibawa-ke-MAKO-BRIMOB.jpg
(OKEZONE.COM)

 

RIAU ONLINE - Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama sebentar lagi dapat menikmati udara bebas setelah mendekam 1 tahun 2 bulan di Rutan Mako Brimob Kelapa Dua, Depok. Pria yang akrab disapa Ahok itu mendapatkan bebas bersyarat pada Agustus mendatang.

Menurut kakak angkat Ahok, Nana Riwayatie, adiknya bisa bekerja selama 4 jam selama masa bebas bersyarat itu.

Kendati demikian, Ahok tidak akan mengambil kesempatan ini untuk keluar sel. Ahok, kata Nana, akan tetap menjalankan hari-harinya di dalam tahanan.

"Ahok enggak mau ambil, riskan, takut. Sekarang dia juga lagi sibuk nulis," jelas Nana.

Nana juga mengaku melarang Ahok keluar sel. Sebab, menurutnya, pihak-pihak yang tidak suka dengan Ahok bisa saja mencari jalan agar Ahok kembali mendekam di tahanan.

"Bahaya Mbak, bahaya. Ditilang aja bisa 2 tahun lagi (di penjara). Riskan, ngeri," ucap Nana. "Saya terutama melarang (Ahok keluar sel). Bahaya," tegas Nana.

Dia mengaku terakhir mengunjungi Ahok ke Mako Brimob saat mantan suami Veronica Tan itu berulang tahun, 29 Juni lalu. "Juni pas ultah mengunjungi Ahok sama semua teman-teman," kata Nana.

Ahok mendekam ke Rutan Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, karena kasus penistaan agama, yang bergulir menjelang Pilkada DKI 2017.

Pada 9 Mei 2017, hakim memvonis Ahok hukuman 2 tahun penjara. Kini Ahok telah menjalani masa hukuman 1 tahun 2 bulan. Ahok juga mendapat remisi, sehingga mendapatkan bebas bersyarat Agustus 2018.

Berita ini kali pertama diterbitkan Liputan6.com dengan judul Ahok Dapat Bebas Bersyarat tapi Tidak Diambil, Kenapa?