Datang dari Hollywood, Matt Damon Blusukan Lihat Jamban di Kendal

Matt-Damon-cek-jamban.jpg
(waterorg)

RIAUONLINE - Artis Hollywood, Matt Demon datang ke Indonesia sejak Selasa 3 Juli 2018 lalu. Namun, kedatangannya ini bukan untuk syuting film. Melainkan untuk blusukan ke beberapa desa di Jawa Tengah.

Kali ini yang didatanginya adalah desa-desa di Batang dan Kendal. Di desa tersebut, Matt Damin ingin melihat langsung fasilitas air bersih dan sanitasi yang merupakan bagian kerjasama otorita setempat dengan Water.org.

Dikutip dari VOA Indonesia, Water.org, dimana Matt Damon dan Gary White menjadi salah seorang pendirinya, adalah sebuah badan yang memusatkan perhatian pada upaya penyediaan air bersih dan sanitasi di banyak negara.

Krisis air bersih diketahui terkait erat dengan masalah pendidikan, kemakmuran ekonomi dan perbaikan kesehatan, lewat berbagai alternatif solusi. Sejak didirikan 25 tahun lalu, sudah lebih dari 12 juta orang mendapat manfaat dari berbagai program Water.org, yaitu dapat mengakses air bersih dan memiliki fasilitas sanitasi yang memadai.

Cek Fasilitas Air Bersih dan Sanitasi

Didampingi Direktur Operasional Koperasi Mitra Dhuafa (KOMIDA), lembaga keuangan mikro yang menjadi mitra Water.org, Matt Damon dan Gary White mengunjungi Desa Kertosari, di Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Dengan seksama, keduanya menyimak cerita anggota-anggota KOMIDA tentang fasilitas air bersih dan sanitasi yang berdampak positif pada keluarga mereka.


Salah seorang anggota, Wanuti, bahkan mengajak keduanya datang ke rumahnya. Dengan bersemangat ibu tiga anak yang berusia 35 tahun itu menunjukkan fasilitas sanitasinya yang baru, yang dibangun dengan pinjaman dari KOMIDA.

Sebelumnya, Wanuti dan ketiga anaknya harus antre panjang untuk mandi dan buang hajat di kamar mandi umum. Namun, kini berkat kredit sanitasi dari koperasi, keluarga Wanuti memiliki fasilitas sanitasi dan kamar mandi.

Direktur PDAM Yulianto yang ikut mendampingi mereka menjelaskan peningkatan sambungan saluran air bersih sejak bekerjasama dengan Water.org sejak 2016, yang kini sudah mencapai 41.527 sambungan rumah tangga. Semula PDAM menargetkan 2.900 sambungan baru, tetapi kini mereka berhasil melampaui target dan menjangkau 3.457 sambungan saluran air yang baru ke rumah-rumah.

Selain melihat langsung implementasi program WaterConnect, lengkap dengan ketersediaan fasilitas air bersih dan sanitasi, bintang Hollywood ini juga datang ke BPR BKK Kendal guna membahas produk pinjaman berbasis komunitas.

BPR BKK Kendal adalah program lain yang digagas Water.org untuk membantu menyediakan akses pembiayaan bagi Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) di desa untuk memperluas jaringan air bersih bagi warga yang membutuhkan, terutama mereka yang berpendapatan rendah.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id