Prabowo Galang Dana Lewat Facebook, untuk Dukung Perjuangan Politik?

Parbowo1.jpg
(LIPUTAN6.COM)

 

RIAU ONLINE - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto melalui akun Facebook resminya mengatakan proses demokrasi berbiaya tinggi di Indonesia sehingga banyak calon potensial justru kalah dukungan dari calon yang memilik dana besar. Untuk itu Prabowo menggalang donasi untuk mendukung perjuangan politik dirinya dan Partai Gerindra.

Menurut Prabowo, dengan dasar tersebut Partai Gerindra membutuhkan dukungan dan donasi dari masyarakat dan juga pendukungnya.

"Saya merancang suatu program pencari dana dari rakyat langsung, dari pendukung-pendukung saya, dan pendukung-pendukung Gerindra. Saya namakan @GalangPerjuangan," kata Prabowo, melansir OKEZONE.COM, Jumat, 22 Juni 2018.

Bahkan, mantan Danjen Kopassus itu mengaku telah menyiapkan nomor rekening untuk menghimpun dana-dana tersebut. Ia tak permasalahkan nilai dana yang dikirim masyarakat dan pendukungnya tersebut.

"Saya mohon bantuanmu, berapa banyak itu tergantung kemampuanmu. Kalau kau, katakanlah, mengirim Rp5 ribu kami sudah terima kasih. Kalau bisa kirim Rp10 ribu, Rp20 ribu dan seterusnya akan sangat berarti," kata Prabowo.

"Bayangkan, Rp20 ribu kalau disamakan adalah harga 1 kotak rokok atau dua buah mi instan. Dengan harga 2 buah mi instan atau dengan harga 1 kotak rokok, saudara sudah bisa mengubah masa depan bangsa," imbuhnya.

Menurut Prabowo, jika setengah dari 10 juta pengikutnya di Facebook mengirim Rp20 ribu, dipastikan jumlah tersebut cukup untuk memperkuat Gerindra dan kader-kadernya yang akan bertarung di daerah-daerah. Lanjutnya, rekenin itu akan dikelola dengan transparan, ketat, dan dipertanggungjawabkan.

Prabowo menilai sistem politik yang ada saat ini tidak berfungsi dengan baik sehingga mengakibatkan rakyat tidak dapat memilih pemimpin terbaiknya.

"Pemimpin yang terbaik tidak bisa muncul karena biaya politik yang sangat tinggi," ungkapnya.

Dikatakan Prabowo, banyak calon kepala daerahn atau anggota parlemen terbaik tidak cukup uang. Sehingga, para calon tersebut mencari penyandang dana. Bahkan, kebanyakan dari penyandang dana itu tidak patriotik dan tidak setia pada bangsa dan NKRI.

Ia pun ingin mengubah cara agar politik mahal bisa diatasi dengan baik. Prabowo ingin agar penyandang dana itu kini datang dari rakyat langsung.

"Saya atas nama Partai Gerindra datang kepada penyandang dana saya, yaitu saudara-saudara sekalian. Saya tidak mau datang ke penyandang dana yang di ujungnya saya tidak yakin akan kesetiaan mereka kepada bangsa dan negara," tegasnya.

Melalui unggahannya itu, Prabowo menjelaskan bahwa penyaluran donasi bisa dilakukan dengan mengakses @GalangPerjuangan_bot di aplikasi Telegram. Setelah itu, akan muncul informasi terkait penggunaan aplikasi dan nomor rekening donasi.

Setelah donasi dilakukan, notifikasi melalui aplikasi telegram akan muncul. Setiap bukti pengiriman akan tersimpan dan bisa dilihat riwayatnya kapanpun melalui aplikasi tersebut.