Tolak Pancasila, 2 Dosen Teknik UGM Nonaktif

Ormas-HTI.jpg
(INILAH.COM)

RIAUONLINE - Setelah Institut Teknologi Bandung (ITB) membekukan organisasi kemahasiswaan yang berafiliasi dengan organisasi terlarang, kali ini Universitas Gajah Mada (UGM) menonaktifkan dua orang dosen Fakultas Teknik lantaran diduga berafiliasi dengan organisasi terlarang Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), Jumat, 8 Juni 2018. Keputusan itu merupakan hasil pertemuan Rektorat, Senat Akademik dan Dewan Guru Besar UGM bersama dua dosen tersebut.

Iva Ariani, Kepala Humas dan Protokoler UGM, menjelaskan dua orang dosen tersebut diduga menolak Pancasila sebagai ideologi negara.

"Pimpinan universitas telah berdialog dan mendengarkan penjelasan dari kedua dosen, berkaitan dengan pandangan mereka terhadap Pancasila," kata Iva Ariani saat memberikan laporan hasil dialog para pimpinan UGM. Sebagaimana dikutip dari Suara.com.

Hasil dialog kemudian bakal diserahkan kepada Dewan Kehormatan Universitas (DKU), untuk dilakukan proses lebih lanjut.


"Batas waktu belum diketahui, pokoknya proses di Dewan Kehormatan selesai. Kita belum tahu," kata Iva.

Berdasarkan hasil dialog itu juga, telah diputuskan untuk segera menonaktifkan sementara dosen Teknik dari jabatan struktural. Hal itu dilakukan demi kelancaran proses di Dewan Kehormatan Universitas (DKU).

"Demi kelancaran proses di DKU, maka kedua dosen akan segera dinonaktifkan sementara dari jabatan struktural mereka emban saat ini," ujar Iva.

Pada akhir laporan, Iva Ariani menegaskan bahwa hasil rekomendasi yang dilahirkan dari Dewan Kehormatan Universitas nantinya akan menjadi pertimbangan bagi pimpinan UGM untuk mengambil langkah ke depannya.

"Rekomendasi yang diberikan oleh DKU akan menjadi pertimbangan utama bagi pimpinan universitas untuk mengambil langkah selanjutnya," kata Iva.