Terbitkan Surat, Ini Pesan Mendagri ke Seluruh Kepala Daerah

Menteri-Dalam-Negeri-Thajo-Kumolo.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/Azhar Saputra)

RIAU ONLINE - Sebuah surat edaran diterbitkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo yang ditujukan kepada seluruh kepala daerah di Indonesia.

Melalui surat edaran yang terdiri dari dua lampiran untuk bupati/walikota dan gubernur provinsi se Indonesia, Mendagri memerintah seluruh kepala daerah dan perangkatnya untuk meningkatkan kewaspadaan, setelah aksi terorisme yang terjadi di markas kepolisian dan ruamh ibadah, hampir sepekan terakhir.

"Memerintahkan seluruh jajaran Badan Kesatuan Bangsa dan Politik serta Satuan Polisi Pamong Praja dan Perlindungan Masyarakat untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan ketertiban secara aktif menjaga ketertiban umum," bunyi salah satu butir pernyataan Tjahjo dikutip dari VIVA.co.id, Jumat, 18 Mei 2018.

Dalam surat itu, Mendagri juga meminta kepala daerah untuk lebih mengoptimalkan peran forum kemitraan masyarakat. Upaya itu guna mendeteksi dini adanya potensi gangguan dan ketertiban umum dari tempat wilayah paling kecil.


"Meningkatkan patroli keamanan di objek vital, kantor pemerintahan dan swasta, rumah ibadah, rumah kos dan kontrakan serta pusat-pusat keramaian," ujarnya.

Menurut Mendagri, aktivitas sistem keamanan lingkungan atau Siskamling perlu dihidupkan kembali. Kemudian, koordinasi antarforum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) harus dilakukan lebih intensif demi stablilitas keamanan.

"Mengimbau kepala daerah, para pelaku usaha dan stakeholder lainnya untuk berpartisipasi memasang baliho atau spanduk yang berisi ajakan mengecam dan tidak takut terhadap aksi terorisme," kata dia.