Aktual, Independen dan Terpercaya


Patut Bangga Bangsa Melayu, Teluk Belanga Pakaian Kenegaraan Pak Harto

Teluk-Belanga-Pakaian-Kenegaraan-Pak-Harto.jpg
(INSTAGRAM/TITIEKSOEHARTO)

Laporan : HASBULLAH TANJUNG

RIAU ONLINE, PEKANBARU – Ternyata di masa pemerintahan Presiden Soeharto, bangsa Melayu patut berbangga. Pasalnya, pakaian khas Melayu bernama Teluk Belanga, menjadi satu dari empat jenis pakaian kenegaraan di era jenderal besar tersebut.

Anak keempat Soeharto, Siti Hediati Hariyadi alias Titiek Soeharto mengatakan, ada empat jenis pakaian kenegaraan yang sering digunakan oleh Pak Harto selama ia menjadi presiden di tahun 1968. 

Keempat jenis pakaian adat bangsa di Indonesia yang sering dipakai Pak Harto dalam acara kenegaraan antara lain pakaian dari Jogjakarta Langedarjan, setelan internasional lengkap dengan jas dan kopiah nasional berwarna hitam, seragam militer lengkap dengan baret dan tongkat komando, dan terakhir pakaian khas melayu Teluk Belanga.

Baca Juga: 

Kisah Bung Hatta Yang Ogah Korupsi Hingga Tak Mampu Beli Sepatu

Ketika Soeharto Ditempeleng Bapak Kopassus

"Teluk Belanga termasuk ke dalam salah satu pakaian tradisional Melayu Riau yang digunakan kaum laki-laki," tulis Titik Soeharto, Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar tersebut di akun Instagram miliknya yang diunggah, Jumat malam, 13 April 2018. 

 

Titiek juga menjelaskan, jenis pakaian adat tersebut dikenakan tergantung situasi atau kondisi si pemakain serta kegiatan akan dilakukan. 

"Misalnya, untuk acara adat atau resmi atau untuk dikenakan dalam kegiatan sehari-hari," tulis Titiek diakhir unggahannya. 

 

Sontak saja, postingan ini menghadirkan decak kagum warganet. Di antaranya akun atas nama asriady.ashiddiqy, dalam komentarnya ia mengaku bangga sebagai orang melayu Riau karena Presiden Soeharto menyenangi pakaian teluk belanga.

Netizen lainnya, jamerdf juga menyampaikan hal serupa, "teluk belanga..kami ucapkan ahoy..sebagai sambutan orang melayu," demikian ia menulis.

Selain itu, banyak juga warganet mengaku merindukan sosok presiden murah senyum tersebut. Akun alap_alap_segorokidul menuliskan, Pak Harto selalu di hati. 

Sedangkan akun, novi_p_boerniat, anak gadis saya sejak balita sangat sayang kepada Presiden Soeharto. Skrg sudah gadis, waktu saya tanya, katanya suka terutama sama senyumnya..

Lain lagi dengan akun fatmahilya. "Yg Pasti Ppak Soeharto Gak penah salah kostum.... sy msh SD pas zaman beliau... To mah inget beli beras d warung yg paling bagus hrgnya cm 2.500 minyak tanah 500/liter..uang SPP sekolah 750perak/perbulan...," kenangnya. 

Klik Juga: 

Usai Singkirkan Soekarno, Soeharto Campakkan Tiga Jenderal Loyalisnya

Soeharto Dua Kali Ingin Mundur Dari TNI AD Sebelum Jadi Presiden 32 Tahun

Sementara itu, akun nana62010, mengatakan, Pak Harto selalu keren dalam busana yg dikenakannya & gak pernah salah kostum.. Al-Fatihah utk beliau semoga Allah terima amal sholehnya & Allah ampuni dosa2 beliau.

Warganet lainnya, menuliskan, Tak kn lupa akan sosok beliau d hati sya d kluarga....Bapak yg punya kharisma. Tak jarang juga ada warganet malah membanding-bandingkan Soeharto dengan Presiden saat ini, Joko Widodo. 

"Kalau sekarang cuma kaos lalu sepatu sneakers yg sangat sederhana #ktan katanya wkwkwkw," tulis akun iam_bikerscupu. Sedangkan, akun likensumartono, mengatakan, Keren.yang sekarang plonga plongo. 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id