Sepasang Wisatawan Ini Dihukum Adat Gara-gara Berpose Injak Tengkorak

Foto-dua-wisatawan-yang-berpose-tidak-sopan.jpg
(Tribunnews.com)

RIAU ONLINE - Dua wisawatan mendapat hukuman adat setelah berpose menginjak tengkorak dan memindahkan tulang leluhur di Objek Wisata Kubur di Kete'Kesu. Akibat foto tidak sopan yang sudah menyebarluas di Facebook itu, keduanya didenda adat dengan memotong seekor babi.

Sepasang wisatawan itu, Riski dan Rendi mengakui kesalahannya di hadapan pemangku adat Toraja Utara. Keduanya didampingi oleh pihak Polres Tana Toraja dalam hal ini dihadiri oleh Kapolres Tator, AKBP Julianto Sirait.

Riski dan Rendi juga meminta maaf secara langsung kepada Tokoh adat dan juga beberapa keluarga Kesu' di lokasi tersebut. Di atas lumbung yang usianya ratusan tahun dan membawa sirih, pinang dan lain sebagainya, keduanya mengungkapkan maaf atas perilaku mereka di makam yang dianggap bersejarah itu.

"Kami dengan sangat meminta maaf atas perilaku kami, kami tidak akan membuat kesalahan yang beberapa saat lalu kami lakukan. Untuk itu kami berdua meminta maaf atas keselahan kami perbuat. Kami akan juga akan menerima denda adat yang diberikan kepada kami," kata Rendi sambil menangis dihadapan masyarakta di Kesu' serta disaksisakan para pemangku adat, melansir Kabar Makassar.com, Selasa, 27 Maret 2018.

Kapolres Tana Toraja, AKBP Julianto Sirait mengatakan bahwa kedua wisatawan ini sebelumnya menyerahkan diri di Polsek Panakukang saat mereka mengetahui bahwa apa yang mereka lakukan itu salah dan menentang adat dan budaya Toraja.


"Keduanya menyerahkan diri saat mengetahui dirinya menjadi bulan-bulanan di MedSos, keduanya datang dan meminta maaf secara khusus dan menerima sanksi adat," kata AKBP Julianto Sirait.

Terpisah dengan Ketua Yayasan Obyek wisata Ke'te kesu, Layuk Sarungallo menyatakan bahwa kedua wisatawan ini kita kenakan denda Hukum Adat yang paling ringan dengan cara memotong satu ekor babi.

"Jelas secara adat melanggar, karena ini perbuatan tidak terpuji. Kami kenkan denda adat paling ringan yah satu ekor Babi dan ritualnya besok kita akan gelar di Kete Kesu'" kata Layuk Sarungallo.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id