Dari Mekah, Rizieq Shihab Ingin Satukan 4 Partai ini

Habib-Rizieq-Pulang-ke-Tanah-Air.jpg
(SUARA.COM)

RIAU ONLINE, JAKARTA - Meskipun berada di tempat yang jauh dari tanah air, yakni di Mekah, Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab rupanya masih memperhatikan dinamika politik Indonesia.

Bahkan, ia mengusulkan agar Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Bulan Bintang (PBB) berkoalisi di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Lalu, apa pendapat para petinggi dari keempat partai tersebu?

Kepala Bidang Pemenangan Partai Bulan Bintang (PBB) Sukmo Harsono, seperti dikutip dari Liputan6.com, Jumat 23 Maret 2018 menilai usulan Rizieq Shihab merupakan bentuk nasihat yang baik.

Dia menyebut bila koalisi itu terbentuk akan menjadi poros Islam nasionalis baru. Di mana poros itu mampu bersaing dengan partai pengusung petahana.

"Nasihat Habib Rizieq Shihab ini adalah nasihat yang baik. Poros ini mampu memenangi Pilpres jika tidak asal mau menang-menangan," kata Sukmo.

Akan tetapi yang terpenting, harus tidak ada ego masing-masing ketua umum dan partainya. Sukmo juga menyatakan partai pimpinan Yusril Ihza Mahendra siap untuk berkoalisi.

"PBB siap duduk mendengar dan berunding untuk koalisi ini," jelas Sukmo.

Sementara itu, Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera juga mengatakan, usulan Rizieq Shihab merupakan hal baik, yakni untuk menyatukan umat.

"Imbauan itu perkara baik. PKS siap bersama umat dan ulama," ucap Mardani saat dihubungi wartawan di Jakarta, Kamis 22 Maret 2018.

Adapun Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno mengatakan, partainya akan memperimbangkan masukan Rizieq Shihab itu dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PAN mendatang.

"Kita apresiasi semua input, masukan dari tokoh agama, tokoh masyarakat. Tentu itu jadi salah satu masukan, untuk jadi bahan pertimbangan di Rakernas," kata Eddy saat dihubungi.

Dia mengatakan, saat ini partai besutan Amien Rais belum memutuskan arah koalisi Pilpres. Sebab itu, hingga kini kesempatan membangun arah koalisi masih terbuka lebar.

"Sampai sekarang semua opsi kita buka. Tidak ada. Belum ada keputusan yang final, karena semua itu nanti diputuskan melalui mekanisme Rakernas," ungkap Eddy menanggapi usulan Rizieq Shihab.

Adapun dari Gerindra, Wakil Ketua Umum Ferry Juliantono mengungkapkan, partainya saat ini tengah membuka koalisi dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Demokrat. Adapun untuk PKS, PAN, dan PBB, pihaknya sudah pernah berkoalisi di Pilkada bahkan di Pilpres 2014.

"Kalau kita sudah terbiasa, jadi insyaallah relatif lebih gampang komunikasi. Kita punya saling pengertian," jelas Ferry. (1)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id