Setelah Zaini, Ada Ratusan WNI Terancam Hukuman Mati di Luar Negeri

Ilustrasi-TKI1.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Eksekusi pancung yang dijatuhkan Pemerintah Arab Saudi kepada tenaga kerja Indonesia (TKI) Muhammad Zaini Misrin menjadi cerminan dari ratusan warga Indonesia lain yang tengah menghadapai proses hukuman mati di luar negeri.

TKI asal Bangkalan, Madura, Jawa Timur, itu dieksekusi mati setelah dinyatakan terbukti tersalah membunuh majikannya Abdullah bin Umar Muhammad Al Sindy.

Berdasarkan data yang diungkapkan Kementerian Luar Negeri RI, Senin, 19 Maret 2019, tercatat sebanyak 583 kasus hukuman mati yang menimpa warga negeri Indonesia di seluruh dunia sejak 2011 lalu.

Sementara, 188 kasus diantaranya masih ditangani oleh pemerintah. Sedangkan, 392 kasus sudah diselesaikan hingga pembebasan dan tiga orang selesai dengan eksekusi mati, seperti dilansir dari CNN Indonesia, Selasa, 20 Maret 2018.

Baca Juga: Inilah Perjalanan TKI Zaini Hingga Berakhir Dengan Eksekusi Pancung di Arab Saudi

Sebanyak 148 kasus di antaranya terjadi di Malaysia, menempatkan Negeri Jiran di puncak daftar negara dengan kasus WNI terbanyak. Sementara itu, di Arab Saudi ada 20 kasus, di China 11 kasus, Uni Emirat Arab empat kasus, Singapura dua kasus dan Bahrain satu kasus.

Kemlu RI menerangkan, dari 188 kasus tersebut, sebagian kecil menimpa TKI. Sedangkan mayoritas di antaranya terjerat kasus narkotik.


Dari 392 kasus di mana WNI dibebaskan, 158 kasus di antaranya diselesaikan di era pemerintahan Presiden Joko Widodo era 2015-2018.

Khusus di Arab Saudi, ada 102 kasus yang terjadi sejak 2011-2018. Di antaranya sudah diselesaikan hingga tahap pembebasan 79 kasus, berujung eksekusi 3 kasus dan tengah ditangani 20 kasus.

Klik Juga "Diam-Diam" Arab Saudi Eksekusi Pancung Satu TKI Asal Madura

Dari 79 kasus yang berujung pada pembebasan, 15 di antaranya terkait pembunuhan, 5 lainnya terkait sihir. Sebagian besaw WNI yang terjerat hukuman mati di Saudi adalah TKI.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id