Pesawat Latih TNI Jatuh Saat Aerobatik, Satu Pilot Meninggal Dunia

Ilustrasi-pesawat-latih-jatuh.jpg
(Okezone)

RIAU ONLINE, CILACAP - Insiden jatuhnya pesawat latih milik Tentara Nasional Indonesia (TNI) kembali lagi terjadi.

Satu orang pilot dilaporkan meninggal dunia akibat kecelakaan pesawat di Bandara Tunggul Wulung, Cilacap, Jawa Tengah, Selasa 20 Maret 2018 sore, sekitar pukul 15.15 WIB tadi.

Kepala Unit Penyelenggara Bandara Udara (UPBU) Kelas III Tunggul Wulung Cilacap Denny Ariyanto mengakui ada kecelakaan pesawat latih.

"Iya ada kecelakaan pesawat. Dia sedang terbang aerobatik, kemudian hilang kendali, dan menghantam ke hanggar," kata Denny seperti dikutip dari Okezone.com.

Menurut dia, kejadian tersebut mengakibatkan pilot yang membawa pesawat itu, yakni Hanafie meninggal dunia. Kendati demikian, dia enggan menjelaskan kronologis kejadian kecelakaan pesawat latih tersebut.

"Mohon maaf, kami tidak bisa menjelaskan lebih lanjut karena bukan domain kami. Sekarang sudah domain KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi)," tuturnya.


Sementara Kepala Kepolisian Resor Cilacap AKBP Djoko Julianto mengaku, belum bisa memberikan keterangan terkait dengan kecelakaan pesawat latih tersebut. "Mohon maaf, kebetulan saya baru akan menuju ke lokasi," tegas Djoko.

Beredar informasi, kecelakaan menimpa pesawat latih PK-RTZ milik Ganesha Flight Academy. Pesawat latih yang dipiloti Kolonel Penerbang M.J. Hanafie tersebut mengalami kecelakaan saat latihan aerobatik dalam rangka wisuda siswa Ganesha Flight Academy yang akan diselenggarakan pada Sabtu 24 Maret mendatang.

Dalam hal ini, pesawat PK-RTZ dengan pilot M.J. Hanafie lepas landas dari Bandara Tunggul Wulung sekitar pukul 14.02 WIB, selanjutnya pada pukul 15.15 WIB melakukan aerobatik.

Oleh karena terbang terlalu rendah, pesawat tersebut kehilangan daya angkat hingga akhirnya hilang kendali dan menabrak pesawat yang sedang parkir di apron dan hanggar milik Perkasa Flight School di Bandara Tunggul Wulung, Cilacap.

Akibat kejadian tersebut, pilot Hanafie meninggal dunia dan jenazahnya dibawa ke Rumah Sakit Pertamina Cilacap dan penyebab terjadinya kecelakaan masih diselidiki oleh KNKT. (1)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id