Sirkuit Sentul Jadi Lokasi MotoGP 2021, Jokowi Cek Kesiapan

Jokowi-di-Sirkuit-Sentul.jpg
(Suara.com)

RIAU ONLINE, BOGOR - Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat tengah bersiap untuk menjadi salah satu lokasi dalam ajang balap bergengsi MotoGP 2021 mendatang. Untuk meninjau sejauh mana kesiapannya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) turun langsung untuk memantaunya pada Selasa, 6 Maret 2018.

Presiden Jokowi tiba dengan didampingi Direktur Utama Pengelola‎ Sirkuit Sentul, Tinton Soeprapto dan pebalap nasional, Ananda Mikola. Kunjungan ini dilakukan setelah menyerahkan sertifikat tanah kepada 15 ribu warga se-Kabupaten Bogor.

Dikutip dari Suara.com, Jokowi yang mengenakan setelan jas biru, menumpang mobil Kepresidenan RI 1 dan mengelilingi lintasan Sirkuit Sentul sebanyak dua kali.

Saat berkeliling, Jokowi beberapa kali berhenti untuk mengecek aspal dan berbagai fasilitas di sirkuit tersebut. ‎Pengecekan sengaja dilakukan Jokowi karena Indonesia akan menjadi tuan rumah balapan motor paling bergengsi di dunia, MotoGP, tahun 2021.

"Saya sampaikan, silakan, pemerintah mendukung (digelarnya MotoGP di Indonesia). Ini bagus sekali olahraga otomotif,‎ karena kita tahu pasar sepeda motor di Indonesia sangat besar sekali," kata Jokowi di lokasi.

Jokowi menjelaskan, saat ini penggemar sepeda motor di Indonesia mencapai 12 juta orang. Dengan begitu, pasar industri pariwisata akan terbuka besar bila Indonesia menjadi tuan rumah MotoGP.


"Saya harap Pak Tinton dan Mas Ananda Mikola ya segera dimulai, segera diperbaiki agar 2021 betul-betul ada MotoGP (di Indonesia)," ujar dia.

Menimpali pernyataan Jokowi, Ananda Mikola optimis pada 2020 Sirkuit Sentul sudah selesai direnovasi dan siap digunakan untuk ajang balapan MotoGP.

"Insya Allah 2020 (selesai renovasinya), karena infrastrukturnya sudah siap, tinggal sedikit saja (yang diperbaiki)," ujar suami dari aktris Marcella Zalianty.

Jokowi menambahkan, proyek revitalisasi Sirkuit Sentul sepenuhnya dari swasta. Termasuk pembiayaannya, sehingga tidak mengeluarkan uang negara.

Pemerintah dalam hal ini, kata Jokowi, hanya memberikan dukungan dan restu.

"Semuanya dari swasta. ‎Saya sampaikan, hanya meminta restu saja, saya setujui," pungkas Jokowi. (1)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id