24 Pesawat Tempur F-16 Hibah dari AS Perkuat Keamanan Langit Indonesia

F-16-tiba-di-Lanud-Iswahyudi.jpg
(Sindonews)

RIAU ONLINE, JAKARTA - Dua unit pesawat tempur jenis F-16 Fighting Falcon C/D yang dihibahkan Amerika Serikat (AS) telah tiba di Pangkalan Udara (Lanud) Iswahjudi, Madiun, Jawa Timur. Dengan demikian, lengkap sudah 24 unit F-16 yang diberikan AS melalui program minimum essential force (MEF)

"Hari ini lengkap sudah pengadaan pesawat yang dimulai sejak 2012. Hal ini merupakan wujud konkret komitmen kemiteraan strategis Indonesia dan Amerika Serikat yang harus dipelihara dan dipertahankan," ujar Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu di Lanud Iswahjudi yang dikutip dari sindonews.com, Rabu 28 Februari 2018.

Kehadiran dua pesawat tersebut juga semakin memperkuat armada tempur TNI AU dalam menjaga kedaulatan udara Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu dan Dubes AS untuk Indonesia Daniel M Donovan ikut menyaksikan serah terima 24 unit pesawat itu. Kasad Jenderal Mulyono, Kasal Laksamana Ade Supandi, Kasau Marsekal Yuyu Sutisna serta para pejabat lainnya ikut hadir.

"Serah terima 24 unit pesawat F-16 tipe C dan D tersebut ditandai dengan penandatanganan naskah berita acara oleh Kabaranahan Kemhan, Aslog Panglima TNI dan Aslog Kasau," sebut Kabid Penum Puspen TNI, Kolonel Inf Bedali Harefa yang dikutip dari Okezone.


Dengan adanya pesawat tempur F-16 yang merupakan pesawat modern berteknologi canggih tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesiapan TNI AU dalam mengawal Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Rencananya 24 pesawat tersebut akan ditempatkan di Skadron Udara 16 Lanud Rusmin Nurjadin, Pekanbaru sebanyak 16 unit, Skadron Udara 3 Lanud Iswahjudi, Madiun delapan unit. (1)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id