Wapres JK dan Istri Lelang Benda Kenangan Pribadi, Ada yang Minat?

Wapres-Jusuf-Kalla-Lambaikan-Tangan.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dan istri, Miufidah Kalla akan melelang beberapa benda pribadi mereka. Benda-benda tersebut merupakan benda yang memiliki kesan memorabilia atau memiliki kenangan pribadi bagi mereka.

Diantaranya ada sepatu merk JK Collection, kain batik, kain tenun, songket nusantara, baju batik, gitar, lukisan, seperangkat alat golf, sepeda, cookies jar keramik, tas, sepatu, jaket kulit, sajadah, badge tenis meja, jam tangan dan dasi.

Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan seperti dikutip dari Suara.com, Senin, 26 Februari 2018 menjelaskan, selain JK dan sang istri, barang-barang berharga milik sejumlah menteri kabinet Presiden Joko Widodo dan pejabat negara lain juga bakal ikut dilelang.

Diantaranya barang milik Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati; Menteri BUMN Rini Soemarno; Menteri Luar Negeri Retno Marsudi; Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto; Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan Djalil; Menteri Kesehatan Nila Moeloek; dan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Pejabat lainnya yang juga berpartisipasi adalah Sekjen Kemenkeu Hadiyanto; Dirjen Kekayaan Negara Isa Rachmatarwata; Dirjen Pajak Robert Pakpahan; Dirjen Bea dan Cukai Heru Pambudi; Dirjen Perbendaharaam Marwanto Harjowiryono; Dirjen Perimbangan Keuangan Boediarso Teguh Widodo; dan, Dirjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Luky Alfirman.

Selain itu, terdapat juga koleksi pribadi Direktur Lelang Lukman Effendi, Dirut PT BNI Achmad Baiquni dan Dirut PT BRI Suparjarto.

Lelang ini akan dibuka untuk umum pada Rabu, 28 Februari 2018 di Gedung Galeri Nasional Indonesia, Jalan Medan Merdeka Timur Nomor 14, Jakarta Pusat, mulai Pukul 10.00 WIB.


Lelang yang terbuka untuk umum ini dilakukan secara terbuka dengan penawaran harga secara tertulis maupun lisan yang semakin meningkat atau menurun, untuk mencapai harga tertinggi yang didahului dengan pengumuman lelang.

Masyarakat umum yang ingin mengikuti lelang ini dapat memilih dua jenis lelang yaitu secara konvensional dengan kehadiran di tempat acara, serta melalui internet (e-auction) dengan menggunakan virtual account dan mendaftarkan diri melalui laman lelang DJKN.

"Pelelangan ini masuk dalam acara peringatan 110 tahun Lelang Indonesia. Ini untuk memperkenalkan lelang sebagai salah satu mekanisme jual beli yang aman, transparan, objektif, dan berkepastian hukum," kata Direktur Lelang DJKN Lukman Effendi.

Lukman menjelaskan, seluruh objek lelang milik JK dan pejabat negara itu adalah barang bergerak yang mengandung unsur memorabilia atau kenangan.

Kelebihannya, kata dia, semua barang-barang berharga itu dilelang dengan batasan harga tak terlampau tinggi.

"Dana yang dihasilkan dari pelelangan ini akan diperuntukkan bagi kegiatan sosial sesuai yang direkomendasikan penjual atau pemilik barang. Negara, dalam pelelangan ini juga mendapat untung dari sektor bukan pajak, yakni bea lelang,” jelasnya. (1)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id