Aktual, Independen dan Terpercaya


Diduga Korban Eksploitasi Anak, Balita ini Berkali-kali Jatuh Hingga Terbaring Lemas

Balita-korban-ekspoitasi.jpg
(instagram)

RIAU ONLINE - Sebuah foto balita berusia 11 bulan terkulai lemas di lantai sebuah minimarket menjadi viral. Balita tersebut diduga dieksploitasi oleh orang dewasa bernama Zafrul (60) yang sehari-hari menjadi pengamen.

Video balita tertidur lemas ini viral setelah diunggah seorang warganet di Instagram bernama @nanaaelena. Akun itu mengatakan video balita itu direkamnya pada Selasa, 13 Februari 2018 malam sekitar pukul 22.00 WIB di daerah Sarinah.

"Jujur aku sangat peduli sekali dengan anak-anak, hati aku tergerak ketika aku melihat anak bayi yang berumur 1th ini terbaring lemas di lantai, dan mencoba untuk duduk tetapi anak tersebut tidak mampu untuk duduk," tulisnya.

Ia mengatakan sempat menyaksikan balita itu beberapa kali terjatuh di lantai.

"Aku mencoba untuk mendekati anak tersebut, dan mencoba untuk menggendongnya, dengan cara supaya bapak yang sedang duduk di kursi (yang sedang menghitung uang hasil ngamen menggunakan suling) tidak merasa tersinggung," tulisnya.

"Aku tidak tahu harus bagaimana, tapi karyawan minimarket tersebut bilang, bahwa anak yang itu adalah anak sewaan. Aku juga sempat menyakan kepada bapak yang duduk di kursi itu , bahwa ini anaknya bukan? Anaknya kenapa lemas? Umur berapa? Tapi si bapak bilang , "gatau ibunya yang ngurus, udah di pegang-pegang banyak orang juga," tulisnya lagi.

Setelah informasi ini sampai ke polisi, pria bernama Zafrul itu pun ditangkap lantaran dianggap sengaja mengeksploitasi MU, bayi berusia 11 bulan untuk diajak mengamen di jalanan. Belakangan diketahui bahwa bayi malang itu tak lain adalah anak kandung pelaku.

Seperti dikutip dari Suara.com, Jumat, 16 Februari 2018, kasus ini berawal dari video viral di media sosial. Dalam video berdurasi enam detik itu, terlihat Fazrul yang menggunakan peci duduk dan sedang menghitung uang.

Sedangkan, MU tergeletak lemas di lantai toko minimarket yang terletak di Jalan KH Agus Salim, Sabang, Menteng, Jakarta Pusat.

"Zafrul membawa bayinya untuk diajak mengamen agar mendapatkan penghasilan dari mengamen lebih banyak," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Komisaris Besar Roma Hutajulu.

Berdasarkan video yang beredar itu, petugas Unit Pelayanan Perempuan dan Anak Polres Metro Jakarta Pusat langsung mendatangi lokasi bayi yang ditelantarkan dan menangkap Zafrul pada Rabu, 14 Februari 2018 sore kemarin.

"Anggota unit PPA langsung mendatangi TKP dan melakukan interogasi kepada pihak karyawan Alfamart dan telah mendapati seorang laki-laki yang diketahui ayah dari anak bayi tersebut yang bernama Zafrul," kata Roma.

Setelah itu, polisi juga telah mendatangi rumah Zafrul di Jalan Kebon Kacang Nomor 6, Tanah Abang. Di rumah pelaku, polisi juga sudah memeriksa RH alias Bela (35) yang merupakan istri Fazrul. (1)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id