Awas! Malware Ini Bisa Bikin Anda Ikut Layanan SMS Premium

Malware.jpg
(Internet)

RIAU ONLINE - Peneliti keamanan telah menemukan malware Android jenis baru, yang bisa membuat Anda ikut layanan SMS premium. Malware tersebut ditulis dalam bahasa pemrograman Kotlin.

Parahnya lagi, malware ini menyembunyikan dirinya dalam bentuk aplikasi di Play Store. Dalam Play Store, malware tersebut menyamar sebagai aplikasi Swift Cleaner, dan sudah diunduh hingga lima ribu kali oleh pengguna.

Sebagaimana ditemukan oleh periset keamanan di Trend Micro, malware ini dapat mendaftarkan diri pengguna untuk layanan berlangganan SMS premium, tanpa sepengetahuan atau izin mereka.

"Server C & C secara otomatis memproses langganan layanan SMS premium pengguna, yang dapat merugikan uang korban," kata peneliti tersebu dilansir SUARA.COM, Jumat 12 Januari 2018.

Selain itu, malware tersebut mampu melakukan aktivitas berbahaya seperti mencuri data, melakukan kecurangan iklan klik, dan eksekusi perintah jarak jauh.

Sekadar informasi, Kotlin adalah bahasa populer yang digunakan untuk menulis aplikasi Android. Twitter, Pinterest dan Netflix termasuk di antara aplikasi populer yang masih menggunakan Kotlin.

Kotlin digambarkan sebagai bahasa pemrograman yang lebih ringkas untuk digunakan. Kemudahan dalam menggunakan inilah yang diduga menjadi alasan penjahat siber menggunakan bahasa ini untuk membuat malware

"Namun, masih belum diketahui apakah fitur-fitur dari Kotlin dapat membuat perbedaan saat membuat perangkat lunak perusak," tutupnya.

Jadi, Anda harus berhati-hati dengan malware ini.(2)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id