Aktual, Independen dan Terpercaya


Malware Penambang Bitcoin Menyebar Lewat Facebook Messenger

Aplikasi-Messenger.jpg
(Internet)

RIAU ONLINE - Penjahat siber menggunakan Facebook Messenger untuk menginfeksi komputer dengan malware yang dapat menambang cryptocurrency, demikian menurut penelitian terbaru yang dilakukan para peneliti.

Para peneliti dari perusahaan keamanan siber Trend Micro, mengatakan bahwa malware bernama "Digmine" dapat membuat komputer menambang Monero, sebuah cryptocurrency alternatif.

Digmine juga bisa membantu penjahat siber untuk mengambil alih akun Facebook, para peneliti menambahkan.

Mereka melanjutkan bahwa Digmine berkamuflase sebagai file video di Facebook Messnger. Setelah Digmine dipasang di komputer Anda, komputer akan mengunduh sejumlah komponen, termasuk penambang kriptocurrency yang akan menggunakan mesin Anda untuk menambang kriptoMonero.

"Jika akun Facebook pengguna diatur untuk masuk secara otomatis, Digmine akan memanipulasi Facebook Messenger untuk mengirim tautan ke file tersebut ke teman Anda,"
kata periset tersebut seperti dilansir SUARA.COM, Minggu 24 Desember 2017.

Berdasarkan penelitian, Digmine hanya berfungsi saat Anda membukanya melalui desktop di Google Chrome. Jika Anda membukanya melalui Messenger di ponsel, Digmine tidak
akan berfungsi seperti seharusnya.

Menurut Bleeping Computer, Digmine sudah terdeteksi di Korea Selatan, Vietnam, Azerbaijan, Ukraina, Vietnam, Filipina, Thailand, dan Venezuela.

Facebook mengatakan kepada Trend Micro bahwa pihaknya telah menurunkan semua tautan yang terhubung ke perangkat lunak perusak tersebut.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id