Aktual, Independen dan Terpercaya


Waaaaahh.. Sering Hangout Bareng Sahabat, Bikin Anda Semakin Sehat!

Hangout.jpg
(Internet)

RIAU ONLINE - Sahabat sejati merupakan sumber sukacita, tawa, bahkan dosis cinta yang sangat kuat. Sebuah studi baru-baru ini mengungkapkan, sahabat juga secara signifikan memengaruhi kesehatan Anda seiring bertambahnya usia.

Periset di Northwestern University menemukan, bahwa beberapa orangtua menghargai kesehatan mereka dalam kehidupan sosial yang sibuk.

Penelitian ini mengamati 50 partisipan lansia, 31 "SuperAgers" dan 19 teman kognitif rata-rata untuk usia lanjut. "SuperAgers" adalah sekelompok lelaki dan perempuan berusia di atas 80 tahun dengan ingatan episodik dan kesadaran kognitif yang mengesankan.

Peserta diminta untuk mengisi kuesioner 42 item tentang kesejahteraan psikologis mereka. Perbedaan terbesar antara "SuperAgers" dan yang lainnya adalah tingkat yang mereka sebutkan memiliki hubungan memuaskan, hangat dan saling percaya.

Semua bidang lain dalam kuesioner, termasuk menemukan tujuan hidup dan memertahankan otonomi, serupa tapi tidak sama seperti teman sebayanya. Penelitian ini sejalan dengan penelitian sebelumnya tentang manfaat memiliki persahabatan yang dalam dan bermakna.

Sebuah studi dari William J. Chopik menemukan, bahwa persahabatan bukan hubungan keluarga memiliki dampak yang luar biasa pada kesehatan jangka panjang Anda.

"Sekarang ada banyak penelitian yang mendukung gagasan bahwa hubungan yang erat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan sepanjang masa," tulisnya dalam penelitian tersebut seperti dikutip dari laman Suara, Minggu 17 Desember 2017.

"Sederhana saja. Kita bisa memilih teman kita, yang berarti kita mempercayai mereka untuk memengaruhi kehidupan kita dengan cara yang positif," sambung Chopik.

Pikirkanlah! Berapa kali seorang teman mengubah perspektif Anda tentang sesuatu yang berhubungan dengan kesehatan? Teman-teman memengaruhi mood, diet, rezim kebugaran, kecenderungan merokok, dan asupan alkohol (di antara banyak hal lainnya). Tanpa teman dekat, kita lebih berisiko terkena penyakit jantung, artritis, diabetes tipe 2, dan demensia.

Menghabiskan waktu dengan orang yang dicintai tidak hanya akan memberi Anda kenangan abadi untuk dilihat kembali, tetapi juga meningkatkan kesempatan untuk menjalani kehidupan yang lebih lama.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id