Ini Trik Sederhana Perbesar Suara Smartphone

Smartphone.jpg
(internet)

RIAU ONLINE - Tidak semua smartphone memiliki kualitas audio yang prima. Tak jarang, smartphone yang kita gunakan memiliki kualitas audio yang cenderung redup.

Beruntung, ada beberapa trik yang dapat digunakan pengguna untuk memperbaiki kualitas audio yang buruk.

Berikut, beberapa trik sederhana perbaiki suara smartphone seperti dilansir dari SUARA:

Periksa Pengaturan Anda

Anda bisa mengoptimalkan pengalaman audio Android Anda melalui pengaturan. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua Android UI memiliki pengaturan audio.

Untuk Samsung, Anda perlu menyambungkan perangkat audio mana pun yang ingin Anda gunakan. Lalu, masuklah ke setting dan sentuh sound. Dari sana tekan sound quality and effect, kemudian atur equalizer sesuai kebutuhan.

MIUI dari Xiaomi, memiliki enhancer untuk headphone. Cukup dihidupkan dan pilih jenis headphone yang Anda gunakan. Anda akan disediakan beberapa pilihan untuk meningkatkan audio.

Download aplikasi musik baru

Anda memiliki pilihan untuk mengganti aplikasi musik yang memiliki lebih banyak kontrol audio. Ada dua program yang direkomendasikan, yakni Poweramp atau Equalizer +. Keduanya penuh dengan fitur tweak audio, preset, dorongan bass dan banyak lagi.

Download Equalizer

Kontrol audio default pada kebanyakan telepon, tidak terlalu komprehensif. Beberapa menyertakan equalizer dasar namun sering kali hanya berfungsi dalam aplikasi musik default dan tidak memberikan kontrol atas audio.

Dengan equalizer, Anda dapat menambah performa audio. Beberapa aplikasi yang direkomendasikan adalah Music Volume EQ dan Bass Booster.

Kenali penempatan pembicara Anda

Ini mungkin tampak konyol, tapi hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah dari mana suara berasal dari smartphone Anda. Banyak sekali telepon yang memiliki speaker ganda, tapi seringkali hanya satu dari mereka menghasilkan suara apapun.

Jika salah satu speaker Anda diblokir maka kualitas suaranya akan rendah atau tidak ada. Jika telah mengetahui speaker yang menghasilkan suara, pastikan speaker tidak terhalang oleh casing.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id