Kebakaran Pasar Ateh Hanguskan 700 Kios dan Pedagang Merugi Miliaran Rupiah

Pasar-Ateh-Usai-Terbakar-Berjam-jam.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

Laporan: NANDA FADILLA SARI 

RIAU ONLINE, BUKITTINGGI - Kebakaran hebat yang melanda Pasar Ateh, Bukittinggi, Senin pagi, 30 Oktober 2017, ternyata menghanguskan dan meratakan 700 petak kios yang ada di pasar dijuliki Tanah Abang-nya Pulau Sumatera tersebut. 

Berdasarkan data diperoleh RIAUONLINE.CO.ID dari Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) Kota Bukitinggi, menyebutkan, selain meratakan 700 kios di Pasar Ateh, kerugian ditaksi sementara ini mencapai Rp 5 miliar. 

Kebakaran hebat tersebut terjadi Senin pagi, sekitar pukul 06.00 WIB. Api juga melalap tiga blok, Blok A, B dan C yang berada di pasar terletak di Kelurahan Guguak Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat itu. 

Baca Juga: 

Inilah Video Pasar Ateh Bukittinggi Terbakar Ratakan Ratusan Kios Di Senin Pagi

Dodi, warga Bukittinggi, pascakebakaran, para pedagang sibuk membereskan dagangannya dan mengangkat sisa sisa barang masih bisa digunakan.


Tidak hanya itu, pedagang juga mengevakuasi barang dagangan dengan membuatan tenda pengungsian sementara di depan Pasar Ateh. Ia menceritakan, masih terlihat barang dagangan, patung-patung pakaian (manekin) penjual bertumpukan di depan lokasi kebakaran.

 

Tak hanya itu, warga dan pedagang juga masih ramai memenuhi pasar usai kebakaran terjadi. Kebakaran Pasar Ateh ini dapat dipadamkan beberapa jam kemudian dengan menurunkan mobil pemadam kebakaran Damkar Bukittinggi, Payakumbuh, 50 Kota, Provinsi Sumatera Barat, TNI, Polisi.

Selain itu, Dinas Sosial (Dinsos), Tagana, Palang Merah Indonesia (PMI) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bukittinggi, juga diturunkan. 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id