Begini Perjalan Panjang Ezra Walian Menjadi WNI

Ezra-resmi-WNI.jpg
(KOMPAS.COM/Dok. Wide Putra.)

RIAU ONLINE - Ezra Hard Ruud Walian, pemain naturalisasi Indonesia resmi menjadi warga negara Indonesia setelah mengucap sumpah dan menandatangani naskah warga di Kanwil Kemenkumham, Cawang, Jakarta Timur, Kamis, 18 Mei 2017.

Perjalanan Striker berusia 19 tahun ini berdarah campuran Indonesia Belanda itu tidak mudah. Sebelumnya ia pernah bertemu dengan Gubernur provinsi Sulawesi Utara Sinyo Harry Sarundajang dan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia saat itu Roy Suryo pada 2013-2014. Saat itu, ia masih warga Belanda dan belum resmi akan pindah kewarganegaraan.

Namun pada Desember 2016, nama putra dari pasangan Glenn Walian dan Linda Bos itu kembali mencuat dan menyatakan diri hendak pindah kewarganegaraan sehingga dapat menjadi bagian dari tim nasional Indonesia.

Keinginan Ezra ternyata mendapat sambutan baik dari PSSI. Ezra kemudian mengajukan permohonan naturalisasi kepada pemerintah. Namun, hingga Januari 2017, permohonan itu tak kunjung terwujud. Menurut Kepala Komunikasi Publik Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Gatot S Dewa Broto permohonan itu masih di meja kerja Presiden Joko Widodo, seperti dilansir dari Tirto.id.

Baca Juga: Pesepak Bola Muda Belanda Ini Impikan Gabung Timnas Indonesia

Dewa Broto menyebutkan Ezra sebelum resmi dinaturalisasi harus melewati beberapa rantai birokrasi. Setelah permintaan diajukan PSSI ke Menpora Imam Nahrawi, permohonan dilanjutkan ke Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly yang lalu meneruskan ke Presiden Joko Widodo.

Presiden juga harus mendapatkan persetujuan dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dahulu sebelum menandatangani kepastiannya. "Saat ini masih di Presiden, belum turun ke DPR," kata Gatot, Januari lalu.

Saat tim nasional U-22 di bawah kepelatihan Luis Milla, kabar naturalisasi Ezra makin berhembus kencang , terlebih lagi ketika itu digelar seleksi pemain.


Seleksi pertama tim nasional U-22 digelar pada 22 hingga 24 Februari 2017. Dilanjutkan seleksi kedua seminggu setelahnya, dan disusul penyaringan ketiga beberapa pekan kemudian sebelum akhinya tampil di SEA Games 2017.

Klik Juga: Akankah 5 Pesepak Bola Muda Berdarah Indonesia Ini Dinaturalisasi PSSI?

Pada 16 Maret 2017, proses naturalisasi Ezra Walian dan Ayahnya Glenn Arthur Walia menemui titik terang, setelah DPR RI menyetujui pengajuan kewarganegaraan Indonesia untuk Ezra dan sang ayah. Persetujuan itu didapat pada rapat terbuka yang juga dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi di ruang rapat Gedung Nusantara I Kompleks DPR/MPR Jakarta.

Sebelumnya, muncul beberapa pertimbangan pada rapat Menpora tersebut yang membuat Ezra dan ayahnya layak untuk dinaturalisasi. Salah satunya adalah prestasi gemilang yang ditorehkan Ezra ketika bersama tim Jong Ajax Belanda. Sedangkan sang ayah dibutuhkan keilmuannya untuk masuk manajemen kurikulum program pengembangan usia muda.

Di Belanda, Karir Ezra bisa dikatakan cemerlang. Ia pernah membela tim nasional Belanda bersama empat kelompok umur U-15, U-16, U-17 dan U-18. Pada 2013, Ezra mencuri perhatian setelah mencetak lima gol untuk tim Belanda U-17 saat berlaga di Kualifikasi Piala Eropa U-17 menghadapi San Marino dan membantu kemenangan timnya dengan skor 12-0.

Lihat Juga: Sah, Luis Milla Jadi Pelatih Baru Timnas Indonesia

Akhirnya, Presiden Joko Widodo kemudian meneken Keputusan Presiden (Keppres) naturalisasi Ezra pada 20 Maret lalu. Selain Ezra, Keppres tersebut mengesahkan sang ayah Glenn Arthur Walian sebagai WNI. 
Bermodal surat itu, Ezra berhak masuk ke timnas Indonesia U-22 di bawah kepelatihan Luis Milla. Sehari kemudian, Luis Milla menurunkan Ezra menggantikan Ahmad Nur Hardianto di babak kedua dalam laga persahabatan kontra Myanmar.

Pada laga itu, Ezra menciptakan satu peluang emas pada menit ke-79. Ia menggiring bola di sisi pertahanan Myanmar dan mampu mengecoh pemain bertahan, tapi tendangan kaki kirinya bisa ditepis kiper lawan. Sampai akhir laga, Indonesia keok 1-3 dari Myanmar.

Meski telah resmi menyandang status sebagai WNI, PSSI belum dapat memastikan Ezra untuk memperkuat skuat timnas. Sementara, Deputi Sekjen PSSI, Fanny Irawan menyampaikan bahwa daftar lengkap pemain timnas akan dirilis di Bali pada 22 Mei mendatang.

Namun yang pasti, resminya Ezra sebagai WNI memperpanjang deretan para pemain sepakbola naturalisasi di tanah air. Sebelumnya sudah 10 pemain naturalisasi, diantaranya Cristian Gonzales, Kim Jeffrey Kurniawan, Diego M. Michels, Greg Nwokolo, Stefano Lilipaly, Victor Igbonefo, Sergio Van Dijk, Jhonny van Beukering, Tony Cusell Lilipaly, dan Pierre Bio Paulin.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline