Sedikit-sedikit Retas Media Siber, AMSI Desak Polisi Buru Pelakunya

Laman-Tempo.co-Diretas.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Laman media siber, tempo.co, diretas oleh hacker lalu mengganti tampilan depannya dengan wajah Rizieq Shihab, Rabu, 10 Mei 2017. 

 

Walau diretas dan kembali pulih, namun peretasan ini sungguh merugikan masyarakat umum dan tempo.co sendiri. Publik kehilangan sumber berita dan tempo.co sendiri tentu saja dirugikan dalam banyak hal, kehilangan pembaca dan potensi bisnis.

 

"Upaya peretasan ini membunuh hak publik untuk mengakses informasi yang disajikan oleh media itu," tutur Ketua Presidiium Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), Wenseslaus Manggut, Jumat, 12 Mei 2017. 

 

Baca Juga: Astaga, Hacker Ngamuk Retas Situs Telkomsel Gara-Gara Tarif Internet

 

Sebagai media kredibel, tuturnya, tempo.co menerapkan azas jurnalisme yang benar dalam seluruh tata kerja saat memproduksi sebuah berita.

 


Segala keberatan terhadap konten dipublikasikan, jelasnya, cara terbaik adalah dengan menempuh mekanisme sudah ditentukan oleh Undang-undang No 40 tahun 1999 tentang Pers. 

 

"AMSI mengecam keras peretasan atas media ini, serta upaya adu domba yang dipajang peretas pada halaman muka situs itu. Cara-cara seperti itu tidak saja mengganggu kenyamanan para pengelola media itu, tapi juga berpotensi kenyamanan publik," ujarnya. 

 

AMSI juga mendesak Polri untuk memburu para pelaku dan menindaknya sesuai dengan hukum yang berlaku di negara ini. 

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline