(Video) Perenang Cilik Riau Pecundangi Perenang Australia di Negerinya Sendiri

Perenang-Riau-Dzimar-Alfath-Muhammad.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Atlet renang Riau, Dzimar Alfath Muhammad (8), menorehkan prestasi mengagumkan saat nama Indonesia disebut-sebut saat kejuraan renang di Perth, negara bagian Australia Barat. 

Dzimar yang berlatih intensif sejak tiga bulan terakhir di Club West Coast, bersama empat perenang lainnya asal Riau, berhasil membawa klub tersebut menjadi terbaik di Australia Barat.

Ia menyumbang 2 medali emas dan 1 perak pada ajang diikuti 1.400 atlet renang dari 8 klub terbaik di divisi A (Liga Utama) dengan 3 Divisi. Club West Coast telah meraih 5 kali juara berturut turut dalam beberapa tahun terakhir. 

Baca Juga: Dari Australia, Atlet Renang Riau Kalahkan Perenang Negeri Kanguru

"Alhamdulillah, Dzimar juga meraih 1 medali emas dan 1 perunggu pada nomor 100 dan 50 meter gaya bebas pada pertandingan antardaerah. Selain itu, ia juga mendapat 2 emas dan 1 perunggu dalam ajang pertandingan antardaerah Barat untuk nomor 100 meter bebas, 200 meter gaya ganti dan 200 meter gaya bebas," kata ayahnya, Ahmi Septari kepada RIAUONLINE.CO.ID, Rabu, 29 Maret 2017. 

Ahmi Septari dan Dzimar Alfath Muhammad

AHMI Septari berfoto bersama anaknya, juga perenang cilik Riau yang sukses menorehkan medali emas pada Kejuaraan di Perth, Australia Barat, Dzimar Alfath Muhammad.

Tak hanya Dzimar semata saja, lima perenang muda potensi Indonesia berasal dari Riau, juga lolos seleksi dari standar limit untuk melenggang dalam Kejuaran Nasional (Kejurnas) Australia, 7-9 April 2017 mendatang. Kelima perenang tersebut tergabung dalam Riau Aquatic Club. 


Sedangkan perenang-perenang lainnya, tutur Ahmi, Alhamdulilah masuk dalam 5 besar perenang terbaik pada setiap pertandingan mereka ikuti. 

 

 

"Selama di sini, anak-anak telah mengikuti 2 kali pertandingan eksibisi. Alhamdulilah selama pertandingan tersebut mereka mampu menjadi terdepan. Selain itu, kami juga telah mengikuti 2 kali pertandingan kualifikasi," tutur Ketua DPW Partai Perindo Riau itu. 

Ia menjelaskan, kualifikasi tersebut harus dikuti guna mendapatkan limit pertandingan. Karena setiap pertandingan standar negara bagian, atlet harus mempunyai batas minimal yang diakui federasi Australia untuk dapat mengikuti seluruh pertandingan bergengsi di negeri Kanguru tersebut.

"Dari pertandingan tersebut anak anak Riau aquatic telah lolos limit untuk 11 nomor pertandingan, antara lain 50m di semua gaya, 100 m di semua gaya, 200 m gaya bebas dan gaya ganti dan 400 meter gaya bebas," kata anak Gubernur Riau 1998-2003, Saleh Djasit tersebut. 

Klik Juga: Dzimar Ahmi, Perenang Cilik Riau Ini Bakal Penerus Richard Sam Bera

 

Atas prestasi ditorehkan selama mengikuti TC tiga bulan di Perth, KJRI Indonesia di Perth, mengundang kelima atlet Riau Aquatic tersebut untuk bersilaturahmi. Mereka diterima langsung Konsul Ade Padmo Sarwono.

"Kami pun sangat diapresiasi sehingga kami pun meresa semangat dalam membawa merah putih berkibar di negeri Kanguru ini," pungkasnya. 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline