Hari Ini, 404 Suku Anak Dalam Ucapkan Dua Kalimat Syahadat

SUKU-ANAK-DALAM.jpg
(GATRA.COM)

RIAU ONLINE - Ratusan warga Suku Anak Dalam (SAD) meninggalkan kepercayaannya sebagai penganut animisme. Sebanyak 404 SAD dijadwalkan mengucapkan dua kalimat syahadat sebagai tanda memeluk Islam, Senin, 30 Januari 2017.

Mereka akan mengucapkan dua kalimat syahadat di Kantor Balai Adat Kota Jambi. Sejak sepekan terakhir sebelum benar-benar resmi memeluk Islam, SAD ditampung di asrama haji Kota Jambi. Sebagian para pria telah menggunakan peci, para remaja berkumpul di satu tempat sambil bercengkrama. Sedangkan anak-anak balita berlari di sepanjang koridor asrama.

Dilansir dari Okezone.com, warga SAD mengaku sangat senang dan bahagia telah diberi kesempatan difasilitasi untuk mengucapkan dua kalimat syahadat. "Kita senang sekali. Tidak ada paksaan sama sekali. Kita mendapatkan arahan dari pak kades dan ternyata banyak yang mau," ujar Depati Suku Anak Dalam, Becayo.

Baca Juga: Suku Anak Rimba Asal Jambi Nyasar Ke Pekanbaru

Menurut Becayo, kini baru 200 SAD akan mengucapkan dua kalimat syahadat. Meraka adalah warga Dusun Batang Kelapo, Sungai Rengas, Kabupaten Batanghari.


"Kami tu sudah ada desa khusus namanya Desa Rumbung Bandung 3. Sekarang ada 200-an, selebihnya akan menyusul karena masih ada yang di dalam hutan," bebernya.

Bahkan, kata dia, sebagian dari mereka sudah ada yang lancar mengucapkan dua kalimat syahadat. Ada pula yang sudah lancar beberapa surat pendek. " Tapi sebagian besar dari kami belum ada yang hafal bacaan salat maupun doa-doa," ujarnya.

Klik Juga: Luluh Oleh Cermin Dan Gunting, Suku Anak Dalam Serahkan 73 Senjata Api

Pendamping SAD, Karim mengatakan ke depannya SAD harus diajarkan cara mengerjakan ibadah salat, mengaji dan mendalami ajaran agama Islam.

"Ibaratnya percuma membelikan buku namun penanya tidak diberikan. Percuma saja tidak bisa menulis. Tapi katanya Pak Fasha akan membangunkan masjid nanti di sekitar perumahan mereka," bebernya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline