Aktual, Independen dan Terpercaya

Pencarian MH370 Dihentikan, Bagaimana Nasib 7 Penumpang WNI?

MH3702.jpg
(THE INDEPENDENT)

RIAU ONLINE - Operasi pencarian pesawat Malaysia Airlines MH370 akhirnya resmi dihentikan setelah selama hampir tiga tahun pencarian yang melibatkan Malasyia, Australia dan China itu tidak berhasil.

Biro Keselamatan Transportasi Australia (ATSB) yang memimpin operasi pencarian itu mengatakan, selama pencarian tidak ada bukti-bukti baru yang kredibililtas.

Pesawat Malaysia Airlines MH370 hilang beserta 239 orang di dalam kabin, termasuk tujuh warga negara Indonesia (WNI).

"Kami mengetahui kabar tersebut kemarin. Sekali lagi kami menyampaikan dukacita dan belasungkawa bagi keluarga korban pesawat Malaysia Airlines MH370," ujar Juru bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir, dikutip dari Okezone.com, Rabu, 18 Januari 2017.

Baca Juga: Apakah MH370? Pesawat Dan Belulang Ditemukan Dalam Hutan

Meski proses pencarian ditangguhkan, pria yang akrab Tata ini berharap masih ada informasi atau bukti baru yang akan ditindaklanjuti pemerintah Malaysia, Australia dan China.

Menurut Menteri Perhubungan Australia Darren Chester menjelaskan, kemungkinan operasi pencarian MH370 dilanjutkan masih ada. Namun, dibutuhkan bukti-bukti baru serta petunjuk lokasi yang spesifik sebelum melanjutkan pencarian.

Chester menjelaskan, kelanjutan operasi pencarian bangkai MH370 sepenuhnya menjadi diskresi pemerintah Malaysia.

Klik Juga: Ditemukan Barang Pribadi Diduga Milik Penumpang MH370

Sementara Ketua ATSB Greg Hood memastikan analisa citra satelit akan tetap berlanjut hingga Februari 2017 kendati operasi pencarian ditangguhkan.

Pesawat Malaysia Airlines MH370 hilang dari radar sesaat setelah lepas landas pada 8 Maret 2014 saat bertolak menuju Beijing, China. Pesawat Boeing 777 yang membawa 239 penumpang dan awaknya itu diduga jatuh di Samudera Hindia. Namun, sampai pencarian dihentikan, bangkai pesawat nahas itu tak kunjung ditemukan.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline