Inilah Pasukan Elit Indonesia yang Mematikan dan Dilupakan

Resimen-Pelopor.jpg
(Boombastis.com/Source)
ombudsman

RIAU ONLINE - Indonesia memiliki banyak pasukan elit dengan prajurit berkemampuanluar biasa. Di antaranya adalah Paskahas, Kopassus, Kopaska, hingga Den Jaka. Di kepolisian, Indonesia memiliki Densus-88 dan Brimob yang berperan dalam serbu dan anti teror.

 

Sebenarnya, Indonesia masih memiliki pasukan Elit yang sangat patut diperhitungkan kemampuan dan kebringasannya. Namun, karena sesuatu hal nama pasukan tersebut terpaksa dihapus. Salah satunya adalah Resimen Pelopor.

 

Resimen Pelopor di saat ini memang terdengar sangat asing. Tentu saja, karena pasukan kepolisian elit ini sudah lahir di masa kemerdekaan dan menjadi pasukan andalan Indonesia yang pernah diturunkan dalam berbagai konflik.

 

Kualitas dan pengalaman Resimen Pelopor adalah yang terbaik di Indonesia kala itu. Sayangnya, Resimen Pelopor pada akhirnya dihapus dengan alasan khusus.

 

Baca Juga: Yonko Paskhas 462, Batalyon Khusus TNI Satu-satunya di Riau

 

Beranggotakan orang-orang pilihan, Resimen Pelopor dibentuk di kala Indonesia yang baru merdeka sangat rentan dengan ancaman dari agresi-agresi luar dan kudeta yang cukup mungkin untuk terjadi.

 

Kemampuan Resimen Pelopor [Image Source]Boombastis.com/Source

 

Sesuai prediksi, kehadiran satuan khusus ini memang sangat membantu kestabilan NKRI. Resimen Pelopor tercatat berhasil melakukan banyak aksi yang membuat NKRI tetap aman dari segala ancaman.

 

Resimen Pelopor selalu dianggap lebih mematikan dari kebanyakan pasukan lainnya di masa itu. Secara umum, satuan ini berada di bawah naungan kepolisian, namun mereka memiliki kemampuan militer. Sebab itu, para anggota Resimen Pelopor memiliki dua keahlian berbeda yang membuat mereka sangat mematikan.

 

Anggota Resimen Pelopor dipilih dari para anggota kepolisian terbaik. Bahkan, diantaranya belajar pada pasukan elit Amerika yang saat itu bertugas di Okinawa. Tak pelak, hal ini membuat pasukan ini semakin mematikan yang dilengkapi persenjataan canggih di masanya, seperti senjata AR-15, salah satu senjata paling gahar kala itu.

Klik Juga: Anton Sudjarwo, Jenderal Polisi yang Sangat Disegani Jenderal LB Moerdani

 

Sejarah mencatat pasukan ini memiliki mental super. Setiap misi, selalu dianggap sebagai tugas akhir. Alhasil, pasukan ini sangat maksimal dalam tugasnya.

 

Pasukan hebat yang akhirnya dibubarkan [Image Source]Boombastis.com/Source

 

Beberapa misi sangat mematikan yang dilakukan Resimen Pelopor adalah pertempuran melawan SAS, yang merupakan pasukan spesial Inggris terkenal.

 

Resimen Pelopor melawan SAS saat Indonesia menyatakan perang dengan Malaysia. TNI dan Pelopor bahu-membahu mempertahankan nama Indonesia yang sudah diinjak-injak Malaysia kala itu.

 

Sudah banyak sekali pertempuran penting yang dihadapi pasukan elit ini. Selain melawan SAS, Resimen Pelopor juga berperan dalam misi pembebasan Irian Barat. Resimen Pelopor bekerja sama mengusir Belanda dan tercatat pernah memberangus beberapa aksi pemberontakan seperti DI/TII.

Lihat Juga: Beratnya Latihan Pasukan Raider TNI AD Bikin Militer AS Kebingungan

 

Meski jasanya sanga luar biasa, namun pada akhirnya resimen ini dihapuskan hanya karena pemindahan kekuasaan. Begitu Presiden Soekarno lengser pasukan ini pun langsung dilebur.

 

Meskipun satuannya hilang, tapi anggota Resimen Pelopor tetap masuk dalam kepolisian. Sayangnya, mereka tak lagi berlatih militer sehingga kemampuannya pudar. Seiring berjalannya waktu, orang-orang sudah benar-benar lupa jika Indonesia pernah memiliki satu pasukan khusus nan jenawa dengan jasa yang tak tergantikan.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline 

 

Sumber: Boombastis.com