Aktual, Independen dan Terpercaya

Kerbau Ini Lepas Belasan Km dan Tertangkap di Perumahan Jondul

Kerbau-Lepas.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Seekor kerbau dewasa dengan berat hingga 75 kilogram siap untuk disembelih sebagai hewan kurban, lepas saat dibawa oleh petugas ke lokasi penyembelihan. 

 

Tak ayal kerbau itu menjadi buruan warga, petugas untuk dikejar serta ditangkap kembali. Sayangnya, hewan kurban di Masjid Darunnur, Jalan Keliling atau Gunung Gayo, Kelurahan Tangkerang Timur, Kecamatan Tenayan Raya, sulit untuk dijinakkan dan ditangkap kembali. 

 

Ketua Panitia Kurban Masjid Darunnur, Maskur, mengatakan, hewan itu lepas saat hendak dibawa ke lokasi penyembelihan, Senin pagi, 12 September 2016. Ketika dalam proses dibawa itulah kerbau ini lepas dan menyeruduk petugas. 

 

"Ini sudah dapat. Dinihari tadi dapat, pukul 03.00 WIB di Jondul (Perumahan). (Kerbaunya) sudah kita sembelih," kata Maskur kepada RIAUONLINE.CO.ID

 

Baca Juga: Sapi Kurban Bantuan Presiden Jokowi untuk Warga Riau Beratnya 800 Kg

 

Hewan kurban ini merupakan hewan keenam dari 13 ekor kerbau dan 1 ekor kambing di Masjid Darunnur. Maskur menceritakan, kerbau tersebut lepas kemudian kabur dengan menyusuri aliran Sungai Sail. 

 

Warga yang berkurban di hewan keenam tersebut, Arfi menceritakan, informasi diperolehnya ada beberapa warga korban seruduk kerbau lepas tersebut. Tak hanya jadi korban seruduk, juga ada rumah warga rusak akibat lepasnya binatang kurban itu. 

 

"Saya dengar, ada beberapa orang kena seruduk, mulai dari petugas, warga Jalan Keliling, hingga orang yang sedang mancing di Sungai Batak. Pemancing itu malahan ada menceburkan diri ke sungai, dan manjat pohon, dibandingkan harus diseruduk kerbau lepas ini," kata Arfi. 

 

Setelah dilakukan pengejaran lebih dari 18 jam, kata Arfi, dan melaporkan kerbau lepas ini ke kepolisian, akhirnya pukul 03.00 WIB, kerbau berhasil diketahui keberadaannya. Saat mendapat kabar kerbau berada di Jondul, panitia kemudian menuju ke perumahan yang berada di tepi Sungai Sail. 

 


Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline